Gedung Rawat Inap Puskesmas Puriala Bakal Dibangun, Kapus: Terimakasih Bapak Pj Bupati Konawe

waktu baca 2 menit

KONAWE, Sultranews.co.id – Realisasi pembangunan gedung rawat inap Puskesmas Puriala, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal segera dibangun tahun ini.

Menurut Kepala Puskesmas Puriala, Yobi Sanjaya, S.Km,. M.Km, pembangunan rawat inap bakal dibangun awal Bulan Maret tahun ini, dibuktikan dengan hadirnya pihak konsultan perencanaan saat melakukan pengukuran di lokasi tersebut.

“Bangunan ini sudah lama dinantikan, utamanya bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan perawatan inap. Berkat hadirnya bapak Pj Bupati Konawe di kunjungan kerjanya beberapa hari lalu, saya utarakan dan alhamdulillah beliau langsung respon,” kata Yobi, panggilan akrabnya.

Suasana pelayanan di ruangan Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Puriala.

Yobi mengungkapkan, kurang lebih 17 tahun bangunan puskesmas berdiri dan belum pernah ada penambahan ataupun renovasi, maka sudah saatnya Puskemas Puriala menjadi PKM rawat inap.

“Puskesmas Puriala ini, seharusnya sudah menjadi PKM rawat inap. Mengigat jarak ke RS Kabupaten sudah lumayan jauh, ditambah lagi kondisi jalanan yang rusak parah,” ungkapnya.

Hadirnya Pj Bupati Konawe Dr. Harmin Ramba, lanjut Yobi, telah memberikan harapan dan sentuhan langsung, sehingga mengakomodir pengadaan dan penambahan pembangunan gedung puskemas yang juga bisa dijadikan sebagai ruangan rawat inap pasien yang mana selama ini masyarakat khususnya di Kecamatan Puriala masih sulit mengakses pelayanan di RS kabupaten.

Kapus Puriala, Yobi Sanjaya, S.Km., M.Km

Sehingga layanan rawat inap di terapkan di ruang UGD yg tidak lagi refsentatif untuk di gunakan akibat kondisinya yg sudah mulai rusak akibat usia.

“Sebagai kepala puskesmas merasa bersyukur dan sangat berterima kasih kepada Pj Bupati Konawe yang langsung merespon cepat usulan dan keluhan kami. Semoga adanya bangunan baru ini nantinya puskemas ini yang tadinya masih berstatus rawat jalan bisa dinaikan statusnya menjadi rawat inap sesuai dengan prosedur,” pintanya.

Untuk itu, dalam rangka menghadapi akreditasi puskesmas pada Bulan Mei tahun 2024 ini, Yobi berharap semoga dengan hadirnya bangunan baru dapat menjadi spirit dalam mengenjot meraih predikat paripurna.

Laporan: Jaspin