AdvetorialKolaka TimurPemerintahan

Gelar Rapat Paripurna, DPRD Tunjuk Andi Merya Nur Sebagai Bupati Koltim

KOLTIM – Hj Andi Merya Nur, S.Ip, yang sebelumnya merupakan wakil Bupati Kolaka Timur (Koltim), mendampingi Alm Bupati Koltim H. Samsul Bahri Madjid, S.H., M.Si, yang terpilih melalui Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada bulan Desember 2020 lalu.

Dalam perjalanannya Alm Bupati Koltim Samsul Bahri Madjid, yang baru saja menjabat selama 21 hari, tepat pada hari Jumat (19/3/2021), dirinya meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Kabupaten Konawe.

Olehnya itu, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, bahwa Kepala Daerah dan/atau Wakil Kepala Daerah berhenti dikarenakan meninggal dunia, permintaan sendiri atau diberhentikan tertuang dalam Pasal 78, yang mana selanjutnya sesuai Pasal 79.

Gelar Rapat Paripurna, DPRD Tunjuk Andi Merya Nur Sebagai Bupati Koltim
Suasana Rapat Paripurna, debgan agenda penunjukan Bupati Koltim Hj. Andi Merya Nur, S.Ip. Foto: Muh. Alpriyasin

Selanjutnya, Pemberhentian Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 78 ayat 1 huruf a dan huruf b, serta ayat 2 huruf a dan huruf b, diumumkan oleh pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dalam rapat Paripurna dan diusulkan oleh Pimpinan DPRD kepada Presiden, melalui Menteri untuk Gubernur, dan/atau Wakil Gubernur serta kepada Menteri melalui Gubernur sebagai Wakil Pemerintahan Pusat, untuk Bupati dan atau Wakil Bupati, atau Walikota atau Wakil Walikota, untuk mendapatkan penetapan pemberhentian, yang mana pemberhentian bupati segera ditindak lanjuti dengan pengusulan dan penetapan Bupati baru.

“Kami memberikan apresiasi kepada DPRD Koltim yang telah merespon cepat dengan digelarnya rapat paripurna ini. Hal ini merupakan salah satu semangat bersama, agar roda pemerintahan daerah dapat berjalan semestinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta demi kelanjutan proses pembangunan di daerah yang kita cintai ini,” ucap Andi Merya Nur, Selasa (30/3/2021).

Oleh karena itu, lanjut Mery panggilan akrabnya, mengajak kepada seluruh staksholder maupun komponen masyarakat untuk selalu berperan aktif dalam rangka penyelenggaraan pembangunan dengan memberikan kritik yang membangun guna perbaikan dalam pengambilan kebijakan, agar pelaksanaan pembangunan daerah, dapat terwujud dengan optimal.

Baca Juga :  Khawatir Warganya Kelaparan Dimasa Pandemi, Bupati Konawe Minta Para Kades Segera Lakukan Pendataan
Gelar Rapat Paripurna, DPRD Tunjuk Andi Merya Nur Sebagai Bupati Koltim
Suasana Rapat Paripurna, debgan agenda penunjukan Bupati Koltim Hj. Andi Merya Nur, S.Ip. Foto: Muh. Alpriyasin

Karena menurut Mery, dukungan dan bantuan serta doa Bapak Ibu sekalian, sangat dibutuhkan dalam mewujudkan Visi Misi kami, sehingga percepatan pembangunan disegala bidang baik itu infrastruktur maupun disektor lainnya dapat berjalan sesuai seperti yang diharapkan bersama.

“Saya tahu semua itu bukan hal yang mudah, seperti kita membalikan telapak tangan. Namun diperlukan adanya dukungan serta kebersamaan dari berbagai komponen masyarakat,” tutur perempuan berjilbab itu.

Sejalan dengan hal tersebut, orang nomor satu di Koltim itu menyampaikan hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada seluruh masyarakat Koltim, yang secara bersama-sama telah ikut serta dalam mewujudkan Kabupaten Kolaka Timur, yang lebih baik dan lebih maju, dalam segala bidang. Dengan harapan, peran dan kontribusi kita semua tetap dan terus terjaga untuk mendukung dan mewujudkan masyarakat Koltim yang Agamis, Maju, Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan.

“Marilah kita bersama-sama bahu membahu bekerja baik dalam menigkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat dan daerah yang kita cintai ini. Mari kita berkomitmen bersama dalam menciptakan kondisi, bahwa kita pasti (SBM) Sejahtera Bersama Masyarakat Kolaka Timur,” pintanya.

Laporan : Muh Alpriyasin
Editor     : Ovhin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id