Konawe KepulauanPolitik

Gelar Reses, Anggota Komisi II DPRD Konkep Tampung Keluhan Warga

Konawe Kepulauan – Anggota Komisi II DPRD Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara, Kalbi Erdiyansyah, menggelar reses ke II di masa sidang ke III tahun 2020.

Reses itu digelar pada tiga Desa di Kecamatan Wawonii Barat, yaitu Desa Langkowala, Desa Langara Indah dan Desa Lantula.

Pada kesempatan tersebut, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menyerap aspirasi masyarkat terkait persoalan dari tiga Desa itu.

Advertisement

Penyampaian aspirasi itu langsung disampikan oleh tiga Kepala Desa (Kades) yang hadir dalam kegiatan reses Anggota Komisi II DPRD Konkep.

Berbagai persoalan disampikan oleh para Kades dari ke tiga Desa tersebut terhadap dalam reses. Keluhan pertama disampaikan oleh perwakilan Desa Langara Indah, Arpan. Ia mengeluhkan sudah sejak lama warganya kesulitan memperoleh air bersih.

Dia juga berharap agar warga di Desanya dapat dimediasi terhadap permodalan Usaha Kecil Mikro dan menengah agar mendorong potensi usaha warga untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Tidak lain halnya disampaikan dari Desa Lantula yang mengeluhkan terkait perbaikan jalan dan jembatan penghubung di Desa Matabaho, serta perbaikan bronjong penahan abrasi yang saat ini kondisinya telah memprihatinkan.

Berbeda dengan Desa Lamngkowala, warga mengusulkan bantuan pembuatan jamban. Sebab sejauh ini limbah rumah tangga terbuang ke laut dan dapat menyebabkan dampak pencemaran lingkungan.

Hal lainnya yang juga dikeluhkan yaitu, agar pemerintah juga membangun sarana kesehatan di tingkat Desa yaitu Pondok Bersalin Desa (Polindes) untuk lebih memberikan pelayanan maksimal bagi warga sekitar.

Menanggapi keluhan warga dari tiga Desa itu, Kalbi Erdiansyah akan melaporkannya ke pimpinan dewa melalui catatan aspirasi yang telah dicatatnya.

“Reses ini merupakan kewajiban saya selaku anggota DPRD. Setiap tiga bulan, anggota Dewan turun ke Dapil untuk bertemu konstituen, menjaring informasi, menghimpun seluruhnya untuk kemudian disalurkan aspirasinya,” ujar Kalbi Erdiansyah.

Kalbi Erdiyansyah atau yang biasa di sapa Ical berharap, usulan masing-masing perwakilan Desa dapat disampaikan kembali kepada masing-masing Kepala Desa, yang kemudian dibahas pada Musrenbang tingkat desa hingga Kecamatan dan tingkat Kabupaten.

“Insha ALLAH, semua usulan ini akan saya kawal untuk menjadi bahan diskusi ke dinas-dinas terkait dan mudah-mudahan bisa terakomodir semuanya,”kata Ical. (C)

Laporan. Darsan

Editor. Yayan

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id