Gempa Bumi Guncang Wilayah Konda, Getarannya Dirasakan Hingga di Kendari

waktu baca 1 menit
Foto. Ilustrasi

Konawe Selatan – Gempa bumi Tektonik berkekuatan 2,6 Skala Ritcher (SR), mengguncang wilayah Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, pada Sabtu (28/11/2020) pukul 23.19 Wita.

Gempa tersebut juga terasa hingga ke sebagian wilayah di Kota Kendari. Data Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultra, menunjukan titik gempa terjadi di darat pada jarak 3.4 Km Barat Laut Konda, Konsel pada kedalaman 5 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di Barat Laut Kecamatan Konda,” ujar Kepala BMKG Sultra dalam keterangan persnya yang diterima sultranews.co.id Sabtu (28/11/2020).

Pada gempa bumi tersebut, dilaporkan guncangan juga dirasakan di wilayah Kecamatan Ranomeeto.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 23.55 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” jelas Rosa. (SN)