EkonomiKonawePendidikan

Gunakan Dana Pribadi, Haji Supu Bantu Masyarakat Buka Jalan Baru di Anggoro

KONAWE – Masyarakat di Desa Anggoro, Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengapresiasi pembukaan jalan baru yang didanai secara pribadi oleh H. Supu. Niatnya diinisiasi dengan tulus untuk membantu masyarakat sehingga warga dan pemerintah merasa sangat bersyukur.

H. Supu merupakan salah tokoh masyarakat setempat yang selama ini dikenal sebagai pribadi dermawan dalam urusan sosial.

Salah satu warga Desa Anggoro Abdul Malik mengaku, seluruh keluarga besar Anggoro dan Atodopi merasa sangat terbantu atas pembukaan akses jalan itu. Karena masyarakat sangat terbantu dalam kelancaran mobilitas sehari-hari. Terutama dalam urusan mobilisasi ekonomi perkebunan dan pertaniannya.

Advertisement

“Intinya kami sebagai warga Anggoro sangat bersyukur dengan terbukanya akses jalan itu. Karena asas manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat. Mendukung aktifitas kami ke kebun, dan mengangkut hasil-hasil pertanian,” akuinya, Jumat (6/3/2020) sore tadi.

Gunakan Dana Pribadi, Haji Supu Bantu Masyarakat Buka Jalan Baru di Anggoro
H. Supu (kedua dari kiri), bersama Team teknisnya Nasrun (kedua dari kanan memakai kacamata), saat menunjukan surat berita acara.

Dikatakannya, ia salah satu pemilik lahan yang masuk dalam area pembukaan jalan itu. Dan ia tak tanggung-tanggung menghibahkannya. Demi mendukung niatan tulus donatur (H. Supu) yang berhati tulus membantu kepentingan masyarakat tanpa pamrih itu.

Sebelumnya, kata dia, dirinya tidak menyangka ucapan janji yang pernah diutarakan H. Supu kepada masyarakat akan bisa direalisasikannya. Karena melihat kondisi jalan yang akan dirintis merupakan hutan belantara.

Tetapi ucapannya itu dapat dibuktikannya, lanjutnya, H. Supu akan mewujudkan mimpi masyarakat sekitar. Setelah diadakannya pertemuan di Balai Kelurahan Abuki dengan menghadirkan pemerintah Kecamatan, dan seluruh warga Desa Anggoro.

“Awalnya saya tidak percaya. Tapi setelah kami di undang Pak Lurah untuk pertemuan, saya baru percaya kalau pak H. Supu sangat serius, dan tidak main-main,” ucapnya.

Begitu pun dengan Lurah Abuki Kamran, S.Sos, juga menuturkan hal yang sama. Kata dia, atas nama pemerintah Kelurahan dan Kecamatan Abuki, sangat mengapresiasi atas niat baik yang dilakukan oleh H. Supu terhadap apa yang telah dilakukan hari ii

Gunakan Dana Pribadi, Haji Supu Bantu Masyarakat Buka Jalan Baru di Anggoro
H. Supu bersama team teknisnya, dan sejumlah warga Desa Anggoro.

“Alhamdulillah, dengan bantuan dari H. Supu, masyarakat sangat senang dan sangat terbantu, karena akses mereka sehari-harinya sudah bisa melalui jalan tersebut,” katanya.

Olehnya itu, lanjut Kamran, masyarakat setempat dengan senang hati telah merelakan lahanya untuk tidak diganti rugi oleh H. Supu. Sebab menurut mereka, intinya jalan tersebut bisa cepat terbuka, sehingga akses jalan bisa dilalui.

“Mereka justru sangat bersyukur. Apalagi H. Supu ini tidak meminta imbalan apapun dari warga, ataupun dari pihak pemerintah untuk mengganti biayanya yang telah dikeluarkan untuk membuka akses jalan,” ucapnya.

Ditempat berbeda H. Supu, yang ditemui di Rumah Kediamanya di Unaaha mengatakan, niat tulus yang dilakukanya hanya semata-mata untuk membantu keluarga.

Menurutnya, dengan bantuan yang dilakukannya itu, tidak berharap untuk memperoleh pujian atau keuntungan dari warga setempat, tetapi melainkan ikhlas karena Allah SWT.

“Yang saya bantu itu adalah keluarga. Apalagi jika jalan tersebut sudah selesai, otomatis kita semua juga yang rasakan untuk melaluinya,” jelas mantan Desa Horodopi itu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jalan yang akan dibukanya itu merupakan hutan belantara. Dengan panjang 6.8 Km persegi, dirinya tak tanggung-tanggung untuk mengeluarkan bacet ratusan rupaih, dengan menggunakan Eksapator milik anak sulungnya itu.

“Kalau masalah anggaranya itu tidak penting. Yang jelas saya sudah berniat untuk membantu keluarga disana. Alhamdulillah kalau untuk alat berat, kebetulan ada Eksapator anak saya,” tuturnya.

Saat ini kata dia, untuk progres pengerjaanya sudah berjalan lima hari. Kami mulai sejak tanggal 02 Februari 2020 lalu. Adapun jangka waktunya, tidak bisa dipastikan, yang jelas selesai hingga 6.8 Km.

” Saya hanya berharap, mudah-mudahan pemerintah Kelurahan, dan Kecamatan, Khususnya Pemerintah Kabupaten, agar mensuport niat baiknya itu untuk membantu masyarakat setempat,” harapnya.

Untuk diketahui, pekerjaan pembukaan akses jalan baru itu, juga dibantu oleh PT Agro Karya Persada, yang tak lain milik perusahaan anak dari H. Supu, Supriansyah, S.E., selaku direktur utama.

Laporan: Jaspin

Back to top button