Hadirnya Perusahaan Industri di Konawe, KSK Sebut Ekonomi Perhotelan Meningkat

waktu baca 2 menit
Hadirnya perusahaan nikel di Konawe, peningkatan ekonomi usaha perhotelan meningkat.

KONAWE – Sektor Industri memang tak bisa dipungkiri, jika sektor satu ini memang sangat berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian di Sulawesi Tenggara (Sultra), terkhusus masyarakat di Kabupaten Konawe.

Dengan hadirnya Perusahaan Mega Industri dibidang pernikelan di Kecamatan Morosi, peningkatan akan ekonomi masyarakat disana memang terbilang meningkat. Apalagi dari sisi pemberdayaan Sumber daya Manusia (SDM) nya, juga termkasud diberdayakan.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengungkapkan beberapa hal terkait peningkatan ekonomi masyarakat secara keselurahan di Sulta, pasca hadirnya pabrik nikel di Konawe.

Kata dia, semenjak hadirnya perusaan industri di Konawe, Peningkatan akan ekonomi masyarakat menjadi meningkat. KSK panggilan akrab bupati Konawe ini mencontohkan jika dari awal hadirnya industri tersebut, masyarakat berbondong-bondong masuk kerja di perusahaan tersebut.

“Itu merupakan satu contoh jika ada perubahaan ekonomi pada masyarakat. Setelah mereka masuk kerja, maka mereka mendapat gaji, tidak lagi menjadi pengangguran,” ungkap KSK, saat ditemui oleh sejumlah awak media.

Contoh selanjutnya kata KSK, Usaha perbengkelan dan usaha warung makan, usaha kios, serta usaha lainya pun juga meningkat disana (Morosi red). Selain itu dampak ekonomi lainnya diuluar dari Morosi, Kendari salah sartunya, usaha dibidang perhotelan pun juga meningkat.

“Dua Kecamatan di Konawe, seperti Kecamatan Morosi dan Bondoala ini saya tidak berikan izin untuk pengusaha riter atu yang kita kenal dengan sebutan Indomaret dan Alfamidi. Kenapa? karena itu tadi, akan membuat usah kios disana terancam tutup. saya tidak inginkan itu,” tuturnya.

Laporan: Jaspin