Harmin Ramba Bakal Wujudkan Kota Unaaha Sebagai “City Branding Konawe Kota Padi”

waktu baca 2 menit
Pj Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, S.E., M.M

KONAWE, Sultranews.co.id – Impian seorang Pejabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, S.E., M.M di masa yang akan datang, bakal menjadikan Kota Unaaha sebagai “City Branding Konawe Kota Padi”.

Hal itu diungkapkannya saat menggelar kegiatan ekspose 100 hari kerjanya, dalam melaksanakan roda pemerintahan di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), usai menggantikan Bupati sebelumnya Kery Saiful Konggoasa di salah satu Hotel, Rabu (27/12/2023) kemarin.

Dr. Harmin Ramba dalam pemaparannya mengungkapkan, bahwa untuk mewujudkan impian tersebut dibutuhkan kerja keras serta kerjasama berbagai pihak.

“Ada empat pilar Konawe untuk menuju Kota Mandiri yakni Pertanian, Industri, Pariwisata dan Kalosara. Keempat pilar itu seperti Pertanian, Konawe merupakan derah lumbung pangan Sulawesi Tenggara,” ungkapnya.

Sedangkan untuk industrialisasi lanjut Harmin Ramba, Kabupaten Konawe juga memiliki dua kawasan industri yang menjadi modal utama yang harus dimaksimalkan keberadaannya.

“Untuk Pariwisata, Kabupaten Konawe juga dianugerahi oleh keindahan alam, serta daya tarik tersendiri yang masih belum banyak dimanfaatkan dan dikembangkan,” paparnya.

Pilar selanjutnya adalah Kalosara. Harmin Ramba menegaskan bahwa Kabupaten Konawe merupakan pusat kebudayaan Tolaki yang memiliki nilai- nilai budaya yang luhur dan mampu menjadi inspirasi bagi masyarakat.

“Ketika empat pilar ini mampu kita tata sebaik mungkin, maka Kabupaten Konawe akan menjadi mota mandiri. Artinya kota yang mampu menopang kebutuhannya dengan mengoptimalkan kemampuan sumber daya yang dimiliki,” tegas Harmin, sapaan akrabnya.

Kepala Kesbangpol Sutra ini juga membeberkan beberapa program unggulan dalam mendukung kemandirian Kabupaten Konawe di tahun 2045, diantaranya: peningkatan akses routa – latoma, pengembangan kawasan Routa, hirilisasi produk pertanian, hirilisasi produk perkebunan minyak goreng, hirilisasi produk pertambangan baja, penataan Kota Unahaa yang nantinya akan didesain dengan istilah City Branding Konawe Kota Padi.

Baca Juga :  Empat SKPD Bentukan Pemda Konawe Segera Dibahas Diparlemen

Selanjutnya lagi, penguatan Kabupaten Konawe sebagai lumbung pangan nasional, pengembangan pariwisata dalam agrowisata, pengembangan kawasan industri morosi, perbaikan infrastruktur daerah.

“Makna dan tujuan untuk menjadikan kemandirian Kabupaten Konawe maka dibuatlah City branding Konawe sebagai Kota Padi,” ujarnya.

Harmin juga menambahkan, selain visi Konawe yang maju, mandiri dan berkelanjutan, Tltentunya juga memiliki misi.

“Misinya adalah mewujudkan SDM yang berkualitas, mewujudkan perekonomian yang Inklusif dan berkelanjutan, mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkualitas, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang dinamis, meningkatkan ketahanan sosial budaya dan ekologi,” pungkasnya.

SN