HUT TNI ke-75, Gubernur Sultra : Tetap Jaga Sinergitas Mengawal Pertahanan RI

waktu baca 2 menit
Gubernur Sultra, Ali Mazi saat menghadiri upacara HUT TNI ke75 secara virtual, Senin (5/10/2020) Foto. Kuming/Kominfo Sultra

Kendari – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar upacara HUT TNI ke-75 secara virtual yang diikuti oleh oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Sultra, Senin (5/10/2020).

Dalam upacara tersebut dilangsungkan dengan pemberian pengharagaan kepada anggota TNI AD, AU, AL . Mereka yang mendapat penghargaan yakni adalah TNI dibidang tugas kemilitiran menunjukan kemampuan kebijaksanaan, jasa luar biasa dalam bertugas. Penetapan tersebut ditetapkan dalam surat keputusan (SK) Preside RI, Jokowidodo.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi TNI selama ini yang selalu berbakti kemajuan Negeri. Sebagai Panglima tertiting, dia menaruh harapan besar dan selalu mendukung kemajuan reformasi TNI. Trasfromasi Organisasi TNI terus dilakukan sesuai dinamika lingkungan strategis dan sesuai perkembangan teknologi Militer.

“Untuk memastikan TNI Siap, dalam ancaman luar Negeri dan ancaman non konvensional,”harapnya.

Dalam lima Tahun kedepan, kata Jokowi organisasi terus bertranformasi. Misalkan armada III Angkatan laut dan pasukan Marinir ketiga. Telah dibentuk pasukan Komandan Wilayah Pertahanan. Pembentukan perubahan satuan organisasi adalah bagian dari tujuan Pemerintah.

“Revolusi Industri telah memengaruhi transformasi teknologi Militer. Sinergitas Menjadi kunci, dalam meningkatkan keamanan dalam Negeri,”ujarnya .

Dalam kesempatan tersebut, usai mengikuti Upacara secara Virtual, Gubenur Sultra, Ali Mazi menitip pesan terhadap Prajurit TNI untuk agar selalu menjaga sinergitas dalam mengawal pertahanan di republik ini, khususnya untuk Daerah Sulawesi Tenggara. Ali Mazi mengatakan, di Korem 143/HLO sudah banyak terjadi transformasi. Misalnya dengan perubahan Korem dari Type B menjadi Type A. Dia berharap dengan perubahan Type tersebut dapat terus mendorong peningkatan profesionalisme TNI.

“Saya berharap dengan naiknya Type Korem, dapat mewujudkan cita-cita membangun Kodim di daerah Kepulauan,”katanya.

Sebagai catatan, Kegiatan ini diikuti oleh Bupati Kolaka Utara, Komandan LANUD, AL, Kepala BNNP Sultra Komandan TNI, Kodim dan juga Walikota Kendari. (SN)