IB untuk Sejuta Sapi Mulai Diprogramkan Ulang, Petani Ternak di Konawe Wajib Tahu

waktu baca 2 menit
Kadis Disnakkeswan Konawe Jumrin

KONAWE– Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), bakal melakukan program yang disebut dengan Inseminasi Buatan (IB) terhadap Sejuta ekor sapi yang sebelumnya telah dilakukan sejak 2018 lalu.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jumrin mengatakan, program yang digagas oleh Almarhum Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara (GTS), atas perintah Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, programkan mengenai sejuta ekor sapi yang dilakukan pada tahun 2018 lalu, kembali dilakukan. Mengigat saat ini telah mengalami pembiakan yang lumayan signifikan.

Jumrin memaparkan, proses IB sebelumnya telah coba dilakukan kepada sapi Peranakan Ongole (PO) yang ada di Konawe dan hasilnya sangat memuaskan.

“Berkat IB yang coba kami lakukan, sekarang sapi pedet di Kabupaten Konawe populasinya telah mencapai sekitar 61 ribu, maka di tahun 2022 ini kami akan lakukan program IB untuk 9 ribu ekor sapi,” jelas Jumrin.

Jumrin juga mengungkapkan jika dirinya telah mempersiapkan 20 orang yang bertugas melakukan IB atau kawin suntik.

“IB itu adalah mani jantan yang dimasukkan dipulva betina itulah yang dinamakan Kawin Suntik. Sistem pengerjaannya dibantu petugas, bukan lagi kawin alam seperti sapi – sapi pada umumnya,” tuturnya.

Masih kata Jumrin, target IB di Konawe itu sekitar 5 ribu dosis, namun karna adanya bantuan dari APBN maka bertambah menjadi 9 ribu dosis.

“Kami juga akan melakukan sosialisasi kepada setiap kelompok tani bagaimana cara agar hewan ternak tidak mudah sakit, cara menyiapkan pakan yang baik,” pungkasnya.

Laporan: Jaspin

Editor: Iin