Intensitas Hujan Tinggi, Rendam Sejumlah Rumah dan Persawahan di Desa Anggoro Konawe

waktu baca 1 menit
Kondisi Desa Anggoro, Kecamatan Abuki, Konawe, yang rendam sejumlah rumah warga, sekolah dan persawahan.

KONAWE, Sultranews.co.id – Intensitas hujan yang mengguyur Desa Anggoro Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Minggu 10 Maret 2024 malam, menyebabkan banjir yang merendam sejumlah rumah warga, sekolah hingga persawahan.

Parahnya, akses jalan pun menuju desa tersebut lumpuh. Bahkan aktivitas perekonomian warga juga ikut terganggu.

Berdasarkan keterangan warga Nasruddin, tingginya intensitas hujan beberapa hari sebelunnya membuat air sungai meluap ke pekarangan milik warga hingga kejalan dan menyeberang keareal persawahaan milik warga yang berada disebelah saluran irigasi.

Beberapa teman warga telah mengamankan barang berharga milik mereka ke tempat yang lebih aman.

“Hujan semalam mengakibatkan air kali Anggoro meluap kepemukiman warga dan saat ini ada beberapa titik air meluap kejalan setinggi betis orang dewasa,” ujar Nasruddin, Senin (11/3/2024).

Banjir yang merendam puluhan hektar sawah di Desa Anggoro tentunya berdampak signifikan terhadap pertanian di desa tersebut. Tanaman padi yang sedang tumbuh berpotensi rusak akibat terendam air, yang berarti masyarakat bisa kehilangan hasil panen.

“Kami berharap kondisi cuaca tidak berlanjut, karena akan berdampak pada hasil panen dan aktifitas masyarakat,” tutupnya.

Laporan: Jaspin