Jelang Akhir Tahun 2022, Disnakeswan Konawe Terus Pantau Kesehatan Pada Hewan

waktu baca 2 menit
Ketgam: Hewan ternak dibawah pantauan Disnakeswan Konawe hingga akhir tahun 2022.

KONAWE – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Konawe terus mencegah penyebaran Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap sapi ternak dan kambing.

Walaupun menjelang akhir tahun 2022 Kabupaten Konawe masih steril dan belum ditemukan indikasi PMK, namun pihak Disnakeswan masih terus melakukan pencegahan dengan cara penyemprotan disinfektan, serta menyiapkan vaksin jika terdapat sapi yang telah terindikasi.

Kapala Disnakeswan Konawe, Jumrin saat ditemui awak media mengatakan, untuk kabupaten Konawe masih steril, namun bukan berarti pihaknya harus bersantai, tetapi malah ia menurunkan 29 orang yang tergabung dalam beberapa tim untuk mencegah masuknya hewan ternak ke Konawe.

“Saat ini kami mencegah masuknya hewan ternak dari daerah lain dengan cara Pemalangan hewan ternak yang akan masuk ke konawe, karna saat ini sudah ada beberapa daerah yang terindikasi,” kata Jumrin, Senin (5/12/20229.

Lanjutnya, saat ini Pemerintah Pusat juga telah memberikan vaksin untuk 5000 ekor ternak termasuk obat untuk 2000 ekor ternak yang bersumber dari APBN.

“Seandainya bisa kami akan melakukan pengadaan vaksin dan obat-obatan PMK, namun masih APBN yang atur,” tuturnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar hewan ternak mereka segera divaksin, karena akan menciptakan kekebalan tubuh serta menjauhkan penyakit lain yang akan menyerang.

“Saya harap masyarakat yang punya ternak jangan ragu untuk di vaksin, karna PMK ini penyakit yang cepat menular,” tandasnya.

SN