EkonomiKonaweNasional

Jelang HPS, Rombongan Tim LO Biro Kementan Kunjungi Labela Konawe

sultranews.net – Jelang peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang jatuh pada hari Jumat tanggal 01 November 2019, rombongan dari Tim Liaison Officer (LO) dari Biro kerjasama luar Negeri Kementerian Pertanian Republik Indonesia didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe, Muh. Akbar, mengunjungi Kampung Sagu, Desa Labela, Kabupaten Konawe sebagai tuan rumah.

Kampung sagu itu, di hari HPS menjadi salah satu icon dan Kakao di Konawe Selatan (Konsel).

Biro kerjasama luar Negeri Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang ditemui awak media saat meninjau langsung kesiapan HPS di Kampung Sagu Yurika Arianti Permanasari mengatakan bahwa persiapan HPS sudah lebih dari 95 persen.

“Kami dari biro kerjama luar negeri Kementerian Pertanian kesiapan HPS sudah hampir 95 persen mendekati hari H. Paling hanya tinggal sedikit saja yang perlu di finalisasi sebelum hari H,” jelasnya.

Yurika Arianti Permanasari (Kanan), Muh. Akbar (Kiri)

Untuk Konfirmasi diplomatis tur yang diterima hingga saat ini itu 25 peserta  mewakili 16 embassy kedutaan dan organisasi internasional yang berkedudukan di Indonesia.

“Untuk Dubernya sendiri ada sekitar delapan orang ditambah orang kedua setingkat Dubes, jadi totalnya sekitar dua belas orang Dubes dari Embessy dari Jakarta,” ungkapnya.

Kata dia, Kegiatan Diplotaitur dilakukan sebagai salah satu rangkaian HPS yang merupakan ulang tahun dari Organisasi Lembaga Pangan dan Pertanian PBB Food and Agriculture Organization (FAO) di Roma.

Untuk diketahui, di Indonesia sendiri Pelaksanaan HPS ini sudah dilaksanakan selama 39 kali. Sementara untuk HPS ditingkat Dunia itu sudah yang ke 74.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sultra baik itu dari Pemerintah Kota maupun Pemerintah Kabupaten Konawe dan Konawe Selatan (Konsel) yang telah berpartisipasi memberikan kontribusi aktif dalam penyiapan penyelenggaraan HPS ke 39 tahun 2019,” ucapnya.

Baca Juga :  Lagi, Seorang Tenaga Kerja Lokal Tewas Ditabrak Mobil di PT VDNI

Disultra sensiri sagu merupakan salah satu komoditas unggulan dari Provinsi dan salah satu projec kerja sama antara Kementerian Pertanian dalam hal ini Badan Ketahanan Pangan dengan FAO yang merupakan badan pangan pertanian PBB itu memiliki proyek sagu di Konawe.

“Jadi kita ingin menunjukan kepada para Diplomatiktur bahwa inilah potensi sagu yang dimiliki oleh Pemerintah daerah Kabupaten Konawe,” katanya.

Laporan : Ulya

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id