Jelang Pemilu 2024, Pemkab Koltim Gelar Silaturahim Kebangsaan dengan Parpol

waktu baca 3 menit

KOLAKA TIMUR – Pemda Kolaka Timur menggelar silaturahmi kebangsaan bersama pengurus partai politik atau parpol jelang pemilu serentak tahun 2024, di Aula Rujab Bupati.

Kepala Kesbangpol Kolaka Timur, Subhan Jaya Sultan mengatakan dasar pelaksanaan kegiatan pertemuan ini adalah PP nomor nomor 1 tahun 2018 dan permendagri nomor 36 tahun 2018.

Subhan juga mengatakan Pemerintah Daerah bersama partai politik di Kolaka Timur berkomitmen bersama menghadirkan demokrasi yang berkualitas.

“Ini merupakan harapan kita semua di tahun 2024 untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas, berada di legislatif yang bekerja untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat,” ujarnya

Ia menambahkan kegiatan bertujuan agar terjadinya harmonisasi dan sinergitas antara pemerintah dan partai politik, dalam mencerdaskan kehidupan berpolitik, adanya kesepahaman bersama dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat terciptanya kesepahaman bersama mewujudkan demokrasi yang berkualitas di Wonua sorume.

Acara ini juga dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis batuan partai politik yang memiliki keterwakilan di Dewan Perwakilan Rakyat Kolaka Timur, sebagaimana tertuang dalam undang-undang nomor 2 tahun 2011 dan juga Permendagri tahun 2020.

Sementara itu Plt Bupati Kolaka Timur Abdul Azis menyampaikan ada beberapa hal menjadi subtansi kegiatan silaturahmi kebangsaan ini yaitu, meningkatkan harmonisasi antara Pemda, DPRD, Parpol,TNI/Polri, serta penyelenggara pemilu jelang pemilu 2024 dan pemilihan kepala daerah secara serentak di tahun 2024.

Azis mengatakan silaturahmi ini dapat menciptakan kondusifitas daerah, stabilitas dan kondusifitas yang merupakan hal utama dalam pembangunan fisik dan non fisik.

“Terlebih jelang pemilu secepat mungkin mengedukasi segala macam potensi yang menyebabkan situasi yang tidak kondusif, serta bersama-sama untuk tidak menyebarkan berita hoax di media sosial,” ungkapnya.

Ia juga mengajak untuk terus mengedukasi masyarakat agar tidak terjerumus pada politik indentitas, tidak tergiur dengan politik uang, kerena semua mengharapkan demokrasi semakin meningkat.

Baca Juga :  Panji Muda Deklarasi Dukung Yudianto Mahardika di Pilwali Kota Kendari

Azis berharap agar tercipta kesepahaman bersama, agar dapat meningkatkan peran aktif partai politik dalam pendidikan politik, mengedukasi masyarakat menuju demokrasi yang berkualitas.

“Maka, diharapkan dengan bantuan keuangan parpol, parpol dapat mencerdaskan kehidupan politik bangsa,” jelasnya.

Ia juga berharap agar parpol dapat melakukan kegiatan pendidikan politik yang dilaksanakan melalui sosialisasi secara masif baik yang di laksanakan oleh pemda maupun parpol.

“Melalui sosialisasi pendidikan politik, kita berupaya untuk meningkatkan partisipasi pada pemilu serentak 2024, yang kurang lebih sisa 7 bulan kedepan,” ungkapnya.

Di ketahui pada Tahun 2019 tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu mencapai 80-83 persen, maka harapannya ditahun 2024 tingkat partisipasi mencapai 90 persen, sebagai sebuah berometer kerja.

“Melalui silaturahmi ini, diharapakan terciptanya komunikasi yang efektif dalam rangka pembangunan yang berklanjutan didaerah Wonua Sorume ini,” tutupnya.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Rujab Bupati, dipimpin Plt Bupati Kolaka Timur Abdul Aziz SH, turut hadir Kapolres Kolaka Timur AKBP Yudhi Palmi DJ SIK MSi, Sekda Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, sejumlah Anggota DPRD, yang mewakili Dandim 1412 Kolaka Timur, narasumber Dr H Muh Najib Husain SSos MSi, pihak BIN Daerah Kolaka-Kolaka Timur, pimpinan/pengurus partai Se-Kolaka Timur, Ketua KPU dan Bawaslu, Kepala Kantor Kementrian Agama Kolaka Timur, pimpinan OPD dan sejumlah caleg.

SN