Konawe Utara

Kemungkinan Longsor Susulan, Warga Konut Diminta Waspada

KONAWE UTARA – Usai mengalami bencana longsor yang memporak-porandakan dua rumah warga dan satu sekolah di Desa Tapunggaya, Kecamatan Molawe, Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Maka dari itu warga diminta agar tetap waspada, karena dimungkinkan longsor susulan bisa saja terjadi.

Kasubsi PIDM Humas Polres Konut Bripka Irwan Saputra Basir, mengatakan bilah curah hujan semakin tinggi maka dimungkinkan akan terjadi longsor susulan.

Advertisement

“Baik di tempat tersebut maupun di tempat lainnya agar tetap waspada, mengingat Desa Tapunggaya merupakan areal pertambangan ore nickel dimana banyak terdapat gunung yang sudah gundul akibat banyaknya kegiatan penambangan,” katanya.

Selebihnya kata Irwan, dirinya telah memerintahkan para petugas melalui keterangan tertulis untuk memantau kondisi curah hujan yang sangat tinggi.

Sebab, dimungkinkan bisa terjadi longsor susulan di Desa lainnya.

“Serta kami selalu berkoordinasi dengan pihak yang terkait mengenai langkah-langkah yang akan dilakukan terhadap warga yang mengalami dampak dari longsor tersebut,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, satu sekolah dan dua rumah di Konut dihantam longsor, satunya rata tanah.

Akibat dari itu satu rumah milik Saud (40) tahun, rata dengan tanah hingga mengalami kerugian 1 Milyar.

Peristiwa tersebut dikatakn Irwan penyebab dari longsor ialah tingginya curah hujan beberapa terakhir ini.

Sehingga tebing yang tingginya kurang 5 meter yang berada dibelakang sekolah longsor. Yang diketahui merupakan bagian dari areal penambangan ore nickel salah satu perusahan.

Laporan : Muhammad Alpriyasin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id