Ketua Bawaslu Konawe Ingatkan Netralitas Aparatur Jelang Pemilu

waktu baca 2 menit
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Konawe, bersama Bawaslu Konawe menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Rabu (18/10/2023) di Unaaha.

KONAWE, Sultranews.co.id – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Legislatif dan Pilpres tahun 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Rabu (18/10/2023) di Unaaha.

Kegiatan yang mengangkat tema: “Peningkatan Wawasan Kebangsaan Bagi Masyarakat untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menjelang Pemilu Serentak 2024” menghadirkan tiga orang narasumber yakni Abuldan, A.Md, Kep (Ketua Bawaslu Konawe) AKP Hartono (Kasat Intelkam Polres Konawe) dan Dr. Rola Pola Anto S.Pd, M.Si (Akademisi/Dosen Unilaki).

Sementara dari Badan Kesbangpol Konawe dihadiri oleh Mudarman S.Sos, M.Si (Sekretaris Kesbangpol Konawe) bersama staf. Turut hadir sejumlah Lurah dan Kepala Desa, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan sebagai peserta sosialisasi.

Ketua Bawaslu Konawe Abuldan pada kesempatan tersebut menyampaikan dalam tahapan penyelenggaraan pemilihan umum yang sedang berjalan saat ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Konawe terus menghimbau seluruh aparatur agar selalu menjaga netralitas.

Selain itu, Abuldan juga menyampaikan kepada peserta untuk selalu menjaga hubungan toleransi antar umat beragama, suku bangsa dan tidak terpolarisasi dengan adanya kepentingan oknum yang tidak bertanggung jawab yang sengaja memecah bela persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan sinergitas semua elemen anak bangsa khususnya stakeholder kata Abuldan pemilu ke depan akan berjalan aman dan damai.

“Dengan terus bersinergi, kami yakin pesta demokrasi (Pileg – Pilpres) akan terlaksana sesuai yang yang kita harapkan bersama,” kata Abuldan.

Untuk suksesnya pemilu serentak 2024, Ketua Bawaslu Konawe mengharapkan peran masyarakat untuk berpartisi aktif menjaga keamanan dan ketertiban guna terwujudnya pemilu yang sejuk dan damai.

“Dengan partisipasi aktif seluruh masyarakat, tugas Bawaslu akan lebih mudah ke depan,” ujarnya.

Baca Juga :  Panji Muda Deklarasi Dukung Yudianto Mahardika di Pilwali Kota Kendari

Menurut Abuldan, saat ini Bawaslu Konawe intens melakukan upaya pencegahan dan pengawasan dengan bersinergi dengan semua pihak untuk mensosialisasikan tindak pelanggaran pidana pemilu.

“Bawaslu Konawe juga tentunya sigap mendeteksi dini terjadinya pelanggaran pemilu dengan mengajak semua pihak dalam hal ini ASN, kepala Desa/ Aparat Desa, TNI/Polri agar menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis yang tentunya akan mencederai nilai-nilai demokrasi kita,” pungkasnya.

SN