Konawe “Kota Padi” Harmin Ramba Bakal Membagi Tiga Klaster Wilayah Pertumbuhan Ekonomi

waktu baca 2 menit
Pj Bupati Konawe Dr. Harmin Ramba, S.E., M.M

KONAWE, Sultranews.co.id – Pembukaan Pameran Expo dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe yang ke 64, ditandai dengan pemukulan gong sebanyak dela pan kali, oleh Pejabat Bupati Konawe Dr. Harmin Ramba, S.E., M.M didampingi Forkofimda dan Kepala OPD, Kamis (29/2/2023) Kemarin malam.

HUT Konawe yang ke 64, dengan tegline “Konawe Kota Padi” adalah merupakan daerah yang dimana 80 persen masyarakat konawe mata pencahariannya pada sektor pertanian.

Pj Bupati Konawe Harmin Ramba mengungkapkan, dari sisi luas lahan pertanian dan perkebunan mencapai 70 persen.

“Pada saat saya menjabat sebagai Bupati Konawe ini, yang terlintas dipikiran saya bagaimana Konawe ini membangun dan mengandalkan sektor pertanian. Tapi tidak berarti bahwa sektor pertambangan saya tinggalkan,” ucap Harmin.

Kepala Kesbangpol Provinsi Sultra ini, melanjutkan bahwa pembangunan di Konawe akan mengklaster menjadi 3 wilayah pertumbuhan yakni

Pertama membangun pusat pertumbuhan di Kota Unaaha, dengan sektor andalan adalah pertanian dalam arti luas, baik itu pertanian, perikanan, perkebunan dan sektor-sektor lain penunjang terhadap pertahanan.

Selanjutnya mendempatkan Konawe menjadi pusat pertumbuhan kedua di wilayah Konawe Timur Laut yang berpusat di Morosi.

Yang terakhir bagaimana menempatkan pusat pertumbuhan ekonomi yakni di Kecamatan Routa dengan sektor andalan Battery.

“Ketiga wilayah pembangunan ini, kita integrasikan atau kita satukan. Tentunya Konawe akan lebih maju kedepan Insya Allah,” ujarnya.

Laporan: Jaspin