Kolaka TimurPolitik

KPUD Tingkatkan Partisipasi Jelang Debat Publik di Koltim

KOLTIM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), akan segera menyelenggarakan Debat Publik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) periode 2021-2026. Dan memastikan akan berjalan dengan aman sesuai prosedur yang ada.

Pantauan media ini, kali ini debat akan berlangsung di salah satu Gedung Aula Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim, pada Senin 16 November 2020. Yang diikuti oleh 2 (dua) Pasangan Calon (Paslon) Akronim ‘Bersatu’ (Tony Herbiansyah-Baharuddin) dengan No. Urut 1., serta Akronim ‘SBM’ (Samsul Bahri Madjid- Andi Merya Nur) dengan No. Urut 2.

Dengan tema “Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Pelayanan Publik untuk Kemajuan Daerah”. Regina Valeria Putri siapĀ  moderatori Debat Publik nantinya.

Ketua KPUD Koltim, Suprihaty Prawaty Nengtias menyebut, Debat Publik yang dilaksanakan itu mengundang antusias masyarakat Koltim dalam menyambut pesta demokrasi ternilai cukup tinggi.

“Untuk itu langkah-langkah KPUD Koltim untuk meningkatkan partisipasi masyarakat adalah membentuk relasi demokrasi dengan 6 segmen yaitu segmen untuk pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih marginal, pemilih disabilitas, Pemilih basis keagaman dan pemilih warga net,” sebutnya saat di mintai keterangan melalui aplikasi WhatsApp (14/11).

Adapun persiapan menjelang Debat Publik Kata dia, Tentunya KPUD Koltim terlebih dahulu telah menyepakati MOU dengan UHO sebagai tim panelis.

“Kemudian juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat baik secara langsung maupun melalui media online atau media elektronik Iainnya,” katanya.

Lanjut dia, dalam Debat Publik itu, KPUD Koltim juga akan menjalankan Protokol Kesehatan. Berhubung Covid-19 masih mewabah

“Apalagi sekarang masih dalam posisi pandemik, tentunya semua pihak harus mematuhi segala prosedur yang berlaku terutama Paslon Bupati dan Wakil Bupati yang bersangkutan. Sesuai Peraturan KPU No.13 tahun 2020 dalam kegiatan Debat hanya di hadiri 5 orang Komisioner KPUD Koltim, 2 orang Komisioner Bawaslu koltim, Pasangan Calon, dan masing-masing 4 orang tim kampanye setiap Paslon,” tegasnya.

Sebagaimana di ketahui, Debat Publik yang dilaksanakan nantinya, Polres Kolaka akan menurunankan 150 Personel untuk mengantisipasi terjadinya kekacauan.

Laporan : Muhammad Alpriyasin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id