Konawe UtaraPeristiwa

Kronologi Warga Diduga Alami Keracunan Massal Usai Hadiri Pesta di Konut

Konawe Utara – Hingga kini sejumlah pasien diduga akibat keracunan massal masih menjalani perawatan di sejumlah Puskesmas dan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara.

Para pasien itu diduga alami keracunan massal usai menyantap hidangan makanan pada sebuah acara Akikah di kompleks PT Damai Jaya Lestari (DJL), Kelurahan Lamonae, Kecamatan Wiwirano, Konut, pada Sabtu (22/8/2020), pada pukul 10.00 Wita.

Salah seorang warga, Lindawati (25) tahun mengatakan kejadian itu berawal saat undangan sekitar 200 orang menghadiri acara itu tiba-tiba mengalami mual, muntah dan pusing usai menyantap hidangan makanan.

Advertisement

“Iya habis makan, beberapa lama tiba-tiba banyak yang mengeluh sakit muntah-muntah, mual dan sakit kepala. Salah satunya keluargaku. Langsung kita bawa ke Puskesmas.” ujar Linda saat dihuhungi Sultra News melalui telepon selularnya, Rabu (26/8/2020).

Sejak hari itu, jumlah pasien yang diduga alami keracunan terus bertambah dan beberapa diantaranya dirujuk ke RSUD Konut untuk dirawat.

Hal itu juga dibenarkan Direktur RSUD Konut, dr Dewi Tomboli, ia menyebut pihaknya menerima sembilan pasien rujukan dari salah satu Puskesmas.

Namun saat ditanya, Dewi tidak berani menyebut bahwa itu kasus keracunan. Sebab sesuai diagnosa medis pasien tersebut disebut alami Diare.

“Ada 9 pasien yang kami terima, tapi satu sudah dipulangkan karena sudah dinyatakan sehat. Kita tidak berani sebut itu keracunan, sebab sesuai anamnesi awal mereka gejalanya mual dan muntah dan sakit perut serta BAB, sehingga diagnosa yang diterapkan Diare,” kata Dewi kepada Sultra News, Rabu (26/8/2020).

Dugaan keracunan massal itu sebagian besar dialami oleh warga yang tinggal di Kompleks PT DJL yaitu Desa Hialu Kecamatan Landawe, Kelurahan Lamonae, Desa Lamparinga dan Kecamatan Wiwirano.

Berikut data warga yang diduga alami keracunan massal di kompleks PT DJL, Kelurahan Lamonae, Kecamatan Wiwirano, Konut.

Puskesmas Lamparinga:

– Pasien rawat inap 18 Orang, Pasien rawat jalan (dipulangkan)16 orang, dirujuk ke RSUD Konut 4 orang.

Puskesmas Hialu:

– Dirawat 3 Orang, dipulangkan 37 orang.

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id