KendariNasionalNewsPendidikan

Kunjungi BPS, Amirul Tamim : Kita Pastikan Sensus Penduduk Berjalan Baik

KENDARI – Anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pusat, Amirul Tamim mengunjungi Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra) Senin, (2/3/2020).

Kedatangan mantan Wali Kota Bau-bau dua periode ini adalah untuk memastikan proses sensus penduduk berjalan dengan baik, sehingga tidak ada warga Sultra secara umum yang tidak tersensus.

“Yang perlu kita pahami sensus penduduk di tahun 2020 ini, ada dua pola yaitu secara online yang akan berlangsung sampai tanggal 31 maret 2020, yang kedua yaitu secara wawancara.” Kata Amirul kepada awak media usai melakukan pertemuan dengan pimpinan BPS Sultra.

Kata dia, peran media massa saat sangat penting untuk mengsosialisasikan Program Satu Data Indonesia yang didalamnya termasuk sensus penduduk yang dilakukan serentak di seluruh wilayah nusantara.

Sementara itu, Kepala BPS Sultra, Edi mengatakan berdasarkan hasil monitoring pada sistem sensus berbasis online, tercatat sudah sekitar 80 ribu warga Sultra yang telah melakukan sensus online, dan masih ada sekitar 370 ribu data lagi yang harus dipenuhi demi tercapainya target 450 ribu data online.

“Kendala utama yang dirasakan pada kabupaten kota lainnya dalam sensus penduduk secara online ini yaitu keterbatasan jaringan yang belum stabil.” Jelasnya.

Edi mengaku bisa memenuhi target data sensus penduduk hingga waktu yang ditentukan, terlebih saat ini BPS yang berada di Kabupaten se Sultra telah melakukan perekrutan pegawai kontrak yang akan melakukan sensus manual atau wawancara.

Laporan: Abul Musafar

Editor: Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id