Maksimalkan Kebutuhan Pangan Masyarakat, Begini Harapan Bupati Koltim

waktu baca 2 menit

KOLAKA TIMUR, Sultranews.co.id – Pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat dapat mencapai tingkat maksimal apabila seluruh pihak terkait bersatu, bahu membahu, dan menjalin kerjasama erat.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Koltim, Abd Azis SH MH, saat meresmikan Gerakan Pangan Murah Nasional tingkat Kabupaten Koltim dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia ke-44 Tahun 2023, Senin (16/10/2023) di Lapangan Kecamatan Loea.

Turut hadir dalam acara ini Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, Ketua TP PKK Koltim Hartini Azis AMa, Kepala Perum Bulog Kolaka Koltim, Kepala BPS Koltim, pimpinan OPD Camat, dan kepala desa lurah dari seluruh Kecamatan Loea.

“Jika kita semua, dari bupati hingga desa dan lurah, bisa berkolaborasi dengan baik, maka kita bisa memenuhi kebutuhan pangan di Kolaka Timur ini. Daerah kita memiliki potensi sumber daya pangan yang luar biasa, tinggal bagaimana kita mengoptimalkannya,” ucapnya.

Bupati Azis mengakui bahwa walaupun daerah ini telah merasakan dampak Elnino, termasuk kekeringan sawah, situasi ini masih lebih baik dibandingkan dengan daerah lain. Stabilitas pasokan pangan di wilayah ini tetap terjaga, didukung oleh kegiatan Gerakan Pangan Murah.

“Selain melonjaknya harga bahan pangan, kita juga harus waspada terhadap krisis air akibat Elnino,” tambahnya.

Selain program Gerakan Pangan Murah, Pemerintah Daerah Koltim juga menyediakan layanan penerbitan kartu kependudukan dan pemeriksaan kesehatan.

Laporan dari Kadis Ketapan Koltim, Dr. Ir. Idarwati MM, menyatakan bahwa program nasional ini adalah salah satu upaya untuk mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas harga bahan pokok di Koltim.

Kegiatan Gerakan Pangan ini sangat diminati masyarakat yang antusias membeli berbagai kebutuhan pokok yang tersedia.

SN