KonawePendidikan

Malam Jumat, Kadis Dukcapil Konawe Mendadak Diganti



KONAWE – Pegambilan sumpah dan jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) berlangsung pada malam hari di Ruang Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Kamis (30/4/2020).

Sekda Konawe Ferdinand Sapan, melantik Drs. Dema Banda, sebagai Kadis Dukcapil Konawe, mengantikan Hj. Riny Adriani selaku Pelaksana Jabatan sebelumnya

Pelantikan tersebut, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 821.22/758/IV/2020 dan Surat Keputusan (SK) Bupati Konawe nomor 128 tahun 2020, yang dilantik oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa melalui Sekertaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinan Sapan.

Advertisement

Dalam sambutanya Ferdinand mengatakan, pelantikan terhadap Drs. Dema Banda, seharusnya dilantik bersamaan 15 rekannya pada 13 Maret 2020 lalu. Namun, pelantikan dirinya tertunda karena posisi Kadis Dukcapil harus melalui persetujuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang dibuktikan dengan Surat Keputusan.

“Sesuai dengan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di pasal 4 dijelaskan untuk jabatan Kadis Capil harus mengacu pada SK Mendagri untuk bisa dilantik, sehingga proses pelantikan ini sempat tertunda,” kata Ferdinand sapaan akrabnya, Kamis (30/4/2020) malam.

Kata Ferdinand Proses pelantikan ini dilakukan setelah SK Mendagri tertanggal 30 April 2020 telah diterima Pemda Konawe.

“Pelantukan terhadap saudara Dema Banda telah melewati proses yang panjang, mulai dari proses seleksi oleh Pansel hingga asesmen oleh KASN,” ucapnya.

Ferdinand berharap, agar kiranya Kadis Dukcapil yang baru agar segera menyesuaikan dengan jabatan dan lingkungan kerjanya.

Untuk diketahui, mantan pelaksana Kadis Dukcapil sebelumnya Hj. Riny Adriani, yang juga merupakan istri dari Ketua DPRD Konawe Dr. H. Ardin, belum memenuhi syarat eselon untuk mengikuti lelang jabatan pada asesmen sebelumnya. (SN)

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id