KonaweWarta Desa

Manifestasi Kades Benua Tingkatkan Ekonomi Dengan Program Unggulan

KONAWEk – Manifestasi Kepala Desa (Kades) Benua, Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19 kini mulai dirasakan.

Pasalnya, Kades Benua, Tam Sati Take segera menyalurkan bantuan budidaya ikan lele berbasis Empang terpal, sekaligus budidaya Nilam bagi masyarakat yang lokasinya belum dapat digunakan akibat kekurangan biaya.

Tetapi terlebih dahulu, Kades Benua melakukan sosialisasi di Balai Desa Benua, pada Sabtu (4/9/2021), dan menjelaskan tentang cara perawatan ikan lele dan penanaman serta perawatan Nilam agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Advertisement

Tam Sati Take menjelaskan, program yang sumber anggarannya dari DD tahap II tahun 2021 tersebut diberikan kepada 77 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk dua jenis bantuan dimana bantuan Empang Terpal diserahkan kepada 52 KPM dan bantuan Nilam sebanyak 25 KPM.

“Program budidaya ikan lele dan Nilam yang akan segera dilaksanakan namun mengingat anggaran DD yang terbatas jadi pelaksanaanya tidak bersamaan,” Kata Tam saat diwawancara awak media usai dilaksanakannya sosialisasi.

Soal program yang akan dilaksanakan seperti bantuan Empang, pihaknya akan menyiapkan bahan pembuatan Empang berupa terpal, serta perlengkapan lainnya dan harus menanggung semua biaya pembuatan Empang.

“Setelah empangnya jadi, masyarakat akan diberikan bibit ikan lele sebanyak 300 ekor untuk satu KPM, mengenai bibit ikan lele yang akan diberikan itu sudah di rekomendasikan oleh dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Konawe yang dimana bibitnya di ambil langsung di penakaran yang berada di Linonggasai,” Ungkapnya.

Sementara itu penerima bantuan Nilam sebanyak 25 KPM akan mendapatkan 750 bibit, dan pihak Pemdes akan menanggung biaya pengolahan lokasi, bibit, serta penanaman, setelahnya akan diserahkan kepada masyarakat agar merawat tanaman tersebut.

“Kami berharap, dengan adanya program ini, perekonomian masyarakat di Desa Benua dapat meningkat terlebih lagi saat ini banyak warga kami yang keluar dari pekerjaan mereka karena pandemi covid-19,” jelasnya.

Selain dari itu, tahap II BLT di Pemdes Benua telah dibayar sampai salur 9 yang dimana tahap pertama di bayarkan dari salur satu sampai lima.

Terkait hal itu, Kades Benua memberikan bantuan tersebut kepada 32 KPM dari 110 KK dimana penerima BLT tersebut di prioritaskan kepada warga yang kehilangan pekerjaan karena pandemi serta keluarga yang kurang mampu yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

(SN)

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id