Menteri Desa Pastikan Tidak Ada Desa Fiktif

waktu baca 1 menit
Mendes-PDTT, Abdul Halim Iskandar

sultranews.net – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT) Abdul Halim Iskandar, menepis adanya desa fiktif atau desa siluman.

Halim memastikan, tidak ada satu pun desa tak berpenghuni yang mendapat aliran dana desa.

“Saya tidak pernah mengiyakan adanya desa siluman. Saya selalu mengatakan bahwa dari perspektif data yang ada di Kementerian Desa tidak ada satupun desa yang tidak berpenduduk menerima dana desa, kemudian dana desa tidak digunakan untuk membangun, itu tidak ada,” katanya Halim, dilansir dari liputan6.com,  Selasa (19/11/2019).

Saat rapat dengan Komisi V DPR, Mendes dihujani pertanyaan mengenai desa siluman. Ia menyebut, dalam perspektif Kementerian Desa semua dana yang sudah disalurkan ke desa sudah sangat dipantau dan digunakan untuk membangun.

“Dan tahapan laporannya juga sudah berjalan. Misalnya termin satu 20 persen. Untuk mendapatkan pencairan termin 20 persen itu harus menyelesaikan laporan akhir tahun yang lalu, kemudian progres yang sedang berjalan. Baru terbit termin pencairan yang kedua, dari sisi itu tidak ada satupun desa yang tidak yang bertanggung jawab,” jelasnya.

Sumber. Liputan6