Musrenbang Tingkat Kecamatan di Koltim Berakhir, Perbaikan Infrastrktur Jalan Masih Mendominasi

waktu baca 2 menit
Pj Bupati Koltim Abdul Azis (kiri), Camat Tirawuta Ruslin (kanan), saat berpose sambil memperlihatkan buku atau dokumen hasil musrenbang melalui Kepala Bappeda Koltim Mustakim Darwis. Foto: Ist

KOLAKA TIMUR – Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur telah tuntas melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) tingkat kecamatan, Kamis (23/2/2023).

Usulan pembenahan infrastruktur jalan masih mendominasi untuk menjadi perhatian penting untuk pemerintah Kabupaten Kolaka Timur di setiap Kecamatan.

Selain pembenahan infrastruktur, pengusulan untuk penerangan jalan, peningkatan SDM untuk perangkat desa, pembenahan sekolah, pengadaan bibit sapi hingga pengadaan bibit-bibit untuk sektor perkebunan dan pertanian menjadi perhatian khusus dalam Musrembang di Kolaka Timur.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Litbang Kolaka Timur, Mustakim menuturkan kegiatan Musrembang akan membahas dan menyepakati usulan rencana pembangunan desa yang ada di Kolaka Timur.

” Dan menyepakati pengelompokan kegiatan pembangunan yang ada di Kolaka Timur berdasarkan fungsi perangkat daerah,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan unsur yang terlibat dalam kegiatan Musrembang ini mencakup semua Kepala Desa, lurah, delegasi Musrembang Desa, Lurah, pimpinan dan anggota DPRD, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya.

Ia mengungkap tema pembangunan Kolaka Timur tahun 2024 yakni pembangunan berkelanjutan serta optimalisasi gerakan membangun dan melayani masyarakat.

“Tema ini merupakan intisari dari tagline pembangunan Kolaka Timur yaitu Gemas,” ungkapnya.

Tempat yang sama, Plt Bupati Kolaka Timur Abdul Azis mengungkap, tahapan Musrembang kecamatan merupakan rangkaian proses penyusunan rencana kerja pemerintah dan sekaligus aspiratif.

“Sebagai sebuah proses tahunan musrembang diharapkan menjaring aspirasi dan kecukupan masyarakat,” ungkapnya.

Azis berharap agar semua pelaku pembangunan yang hadir agar dapat memberikan masukkan serta sumbangan pemikiran sehingga dapat mengakomodir aspirasi dan kebutuhan masyarakat di Kolaka Timur.

Ia juga mengatakan masih banyak permasalahan yang muncul baik secara langsung maupun tidak langsung yang tentunya menuntut sistem pengelolaan pemerintahan dan pembangunan yang responsif, inovatif dan berkelanjutan.

Baca Juga :  Bawaslu Konawe Sebut Aplikasi Sirekap Bukan Rujukan Perolehan Suara Peserta Pemilu

“Itu dalam upaya memaksimalkan berbagai potensi dan keunggulan daerah,” ujarnya.

Diketahui terdapat prioritas utama pembangunan yang ada di Kolaka Timur, mulai dari pembangunan manusia melalui akses tingkat pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan.

Percepatan pembangunan infrastruktur dasar dan pelestarian lingkungan hidup, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, pariwisata dan UMKM serta tata kelola pemerintahan yang baik.

Laporan: Arlan