KendariPolitik

Optimisme Rusman Emba Bakal Cagub Sultra 2024, Gandeng Tina Nur Alam

KENDARI – Bupati Muna dua periode, Rusman Emba dikabarkan bakal optimis bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2024 nanti.

Rusman Emba yang baru saja dilantik oleh Gubernur Sultra untuk yang kedua kalinya itu sedang memantapkan niat dan strategi untuk bertarung dalam Pilgub 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sultra saat ditemui awak media dikediamannya.

Advertisement

Menurut ia, dirinya mempunyai niat yang besar untuk maju bertarung di calon Pemimpin Sultra 2024 hingga 2029.

Katanya, setiap kader dan petugas partai mempunyai hak politik yang sama untuk menentukan karir politiknya.

Sehingga ia menyimpulkan, karena proses dan tahapan Pilgub 2024 masih jauh, biarkan tugas sebagai Bupati Muna dituntaskannya dahulu, sambil bergerak mensosialisasikan diri.

“Kalau serius iya. Tapi biarkan berjalan semestinya karena tahapan juga masih jauhkan,” kata Bupati Muna dua Periode itu, Selasa (7/9/2021).

Disinggung calon pendampingnya, Bupati Muna dua periode berjalan ini menuturkan, secara geopolitik apabila 01 berasal dari kepulauan, maka 02 harus dari daratan.

Ia menilai, politisi daratan banyak yang potensial. Satu diantaranya Anggota DPR RI Dapil Sultra, Tina Nur Alam yang bukan lain istri mantan Gubernur Sultra, Nur Alam.

Namun saat ini, dirinya belum melakukan komunikasi secara interen kepada politisi, khususnya di daratan.

Kendati demikian, ia siap berpasangan dengan siapa pun. Selama mencerminkan keterwakilan wilayah dan yang penting secara elektoral membuka peluang kemenangan.

“Nanti saja kita liat kedepannya, politik inikan dinamis jadi apapun bisa terjadi,” nilainya.

Selain Rusman Emba, ada beberapa nama lainnya yang bersiap bertarung di Pilgub Sultra seperti Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangeruka, Kerry Saiful Kongoasa (Bupati Konawe), Ridwan Bae (Anggota DPR RI) dan Lukman Abunawas (Wakil Gubernur Sultra).

Laporan : Muhammad Alpriyasin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id