Organisasi Profesi Wartawan di Kabupaten Konawe Segera Dibentuk

waktu baca 2 menit
Suasana rapat konsolidasi pembentukan PWI Konawe, di Kantor Sekretariat PWI Sultra, Sabtu (26/8/2023).

KENDARI, Sultranews.co.id – Keinginan sejumlah wartawan di Kabupaten Konawe untuk membentuk organisasi profesi kewartawanan yang disebut dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akhirnya teranulir.

Kekompakan para wartawan Konawe, dibuktikan pada saat bertandang ke Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu 26 Agustus 2023.

Kehadiran sejumlah wartawan Konawe Sukardi dari Suarasultra.com, Jaspin Sultranews.co.id, Adhyaksa Pratama Adiwarta.com, Moh. Hasmar Tombili Bondo.id, Mas Jaya dari Idealita.id, Syahnal Lintassultra.com, Febri Muarasultra.com, Asri dari Harian Rakyat Sultra) disambut hangat pada petinggi PWI Sultra.

Di kantor PWI Sultra, para kuli tinta itu diterima langsung oleh Ketua PWI Sultra Sarjono didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi H. Ato Raidi dan Wakil Ketua Bidang Kerja Sama Antar Lembaga serta Anggota Dewan Kehormatan Siswanto Azis.

Pada kesempatan itu, Ketua PWI Sultra, Sarjono, menyampaikan apresiasi atas niat baik wartawan Konawe yang ingin membentuk PWI di wilayah mereka.

“Kami sangat menghargai usaha rekan-rekan dalam membentuk PWI Konawe. Kendala selama ini, wartawan di Konawe belum memiliki keanggotaan Biasa di PWI, sehingga prosesnya memerlukan waktu yang lama. Tetapi dengan semangat rekan – rekan ini yang terus berusaha maka pembentukan PWI Konawe bisa segera terealisasi,” kata Sarjono.

Lebih lanjut Sarjono menjelaskan bahwa pembentukan PWI di Kabupaten/Kota memerlukan setidaknya tiga anggota Biasa sesuai dengan Peraturan Dasar/Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT).

Saat ini kata dia, syarat pembentukannya sudah terpenuhi. Sehingga pembentukan PWI Konawe sudah dapat dimulai dengan membentuk Ketua, Sekretaris, dan Bendahara (KSB) yang disepakati bersama.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sultra, H. Ato Raidi memberikan himbauan dan harapan kepada wartawan Konawe yang akan terlibat dalam pembentukan kepengurusan PWI Konawe untuk tetap bersinergi dan solid dengan PWI Provinsi serta pemerintah setempat.

Baca Juga :  Peringati Hari Asyura 10 Muharram 1446 Hijriah, Pj Bupati Harmin Ramba Hadiri dan Menyerahkan Santunan Anak Yatim

Ia pun berharap keberadaan PWI di Konawe nantinya, bisa menjadi mitra yang baik dengan pemerintah dan PWI Sultra.

“Terkait rencana pembentukan PWI Konawe, dan beberapa daerah lainnya akan dibahas dalam Rapat Pleno Pengurus PWI Sultra,” kata H. Ato Raidi.

Sebelum menutup acara, Ketua PWI Sultra kembali menegaskan pentingnya mengikuti prosedur pengajuan Kartu Anggota PWI Biasa sesuai PD/PRT bagi wartawan yang telah mengikuti orientasi pada tahun 2022 lalu. Selain itu Sarjono menekankan kepada Wartawan yang bernaung di bawah PWI Sultra untuk tetap menjaga nama baik lembaga.

“Kami mengajak seluruh rekan wartawan untuk menjaga integritas organisasi di mana pun mereka berada,” tegasnya..

SN