Pameran Konawe Expo Ke-60 Dibuka Besok, Bupati dan Wabup Tinjau Lokasi

waktu baca 3 menit
Ketgam: Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, saat meninjau lokasi pameran Expo Ke-60 di Bumi Perkemahan Sulemandara, Kecamatan Pondidaha, Jumat (28/2/2020). Foto: Jaspin/SultraNews.

PONDIDAHA – Pembukaan pameran expo dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe yang ke-60 tahun rencananya akan dibuka pada Sabtu 29 Februari 2020 besok, sekira pukul 7:30 WITA.

Pembukaan pameran expo tersebut, akan ditandai dengan pelepasan ribuan peserta komunitas Trail Adventure yang rencananya akan dilepas oleh Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Masi, S.H, di Bumi Perkemahan Sulemandara Kecamatan Pondidaha.

Untuk memastikan, Bupati dan Wakil Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, dan Gusli Topan Sabara, turun langsung di Lokasi, guna memastikan kesiapan pembukaan pameran, yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Ferdinand Sapan, Ketua Panitia Dr. Suriyadi, dan Kabag Humas dan Protokol Dr. Herianto Wahab, pada Jumat (28/2/2020) sore tad

Pameran Expo Ke-60 Konawe Dibuka Besok, Bupati dan Wabup Tinjau Lokasi
Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, saat memberikan arahan ke anggota panitia penyelenggara Konawe Expo. Foto: Jaspin/SultraNews

Bupati bersama wakilnya nampaknya mengunjungi satu persatu stand pameran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masuk kelompok Dinas Kemakmuran, Dinas Administrasi sampai Stand Kecamatan.

Selain meninjau kesiapan stan pameran, bupati dua periode ini juga meninjau kesiapan lapangan dan sarana pendukung lainnya. Seperti panggung utama, tenda para komunitas otomotif serta kesiapan jalur Touring Wisata.

Dalam kesempatan tersebut Kery memberikan arahan kepada tiga Kepala Dinas yang masuk dalam kelompok Dinas Kemakmuran. Yakni Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Ir. Syahrudin, M.Si, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Jumrin, S.Pt dan Kadis Kelautan dan Perikanan H. Gunawan Samad, SP.

Khusus Kepada Dinas Tanamam Pangan (Pertanian), Kery perintahkan agar mengiventarisasi jumlah bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang telah digelontorkan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk peningkatan produksi pertanian.

Pameran Expo Ke-60 Konawe Dibuka Besok, Bupati dan Wabup Tinjau Lokasi
Lokasi panggung utama Pameran Expo Konawe ke-60 tahun. Foto: Jaspin/SultraNews

“Coba dihitung sudah berapa Alsintan yang telah disalurkan kepada kelompok tani kita. Sehingga ke depan bisa kita hitung kekurangannya,” kata Kery.

Selain itu lanjut Kery, Dinas juga harus memberikan penjelasan secara lengkap kepada pengunjung bagaimana cara bertani yang baik dan bagaimana caranya masyarakat dapat mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Harus dijelaskan bagaimana caranya membuat proposal bantuan untuk mendapatkan bantuan Alsintan, bibit dan lainnya. Termasuk itu Hand Tractor harus didata kembali,” pesan Kery kepada Kadis Ketahanan Pangan, Hortikultura dan Perkebunan.

Pada pelaksanaan Konawe Expo ke-60 tahun 2020 ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe mendorong peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Di lokasi Konawe Expo tersebut, Pemerintah Daerah menyiapkan pasar rakyat. Ini sebagai wujud kepedulian pemda Konawe terhadap usaha kecil dan menengah.

Pemerintah daerah juga membuka Wisata Kuliner pada pameran tahun ini. Selain memggerakkan roda perekonomian warga, pengunjung di lokasi pameran akan dimanjakan dengan berbagai makanan khas daerah.

Sementara itu Ketua Panitia Konawe Expo Suriyadi menuturkan, pameran ini merupakan panggung bagi pemerintah daerah untuk menunjukkan keberhasilan dalam program pembangunan. Kinerja pemerintah daerah akan dipamerkan pada KONAWE EXPO ke- 60 ini.

“Pemeran ini juga ada aspek bisnisnya, seperti sektor Pertanian dan Perikanan ada beberapa produk yang bisa dijual, langsung diperdagangkan di situ. Dinas terkait juga akan mengedukasi pengunjung bagaimana cara mengembangkan usaha di tiga sektor unggulan kita,” ungkap Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe ini.

Laporan: Jaspin