Buton UtaraKesehatan

Pemda Butur Gelar Pemeriksaan Rapid Test Massal di Pasar Tradisional

Buton Utara – Pemerintah Daerah (Pemda), Buton Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar rapid test massal secara gratis terhadap pengunjung dan pedagang di pasar tradisional di wilayahnya, Selasa (2/6/2020).

Pemeriksaan rapid test gratis massal itu berlangsung di pasar sentral Mina-minanga, Kecamatan Kulisusu. Bupati Butur, Abu Hasan, turun langsung dalam pemeriksaan rapid test tersebut.

Dalam pemeriksaan itu, Pemda Butur menyiapkan 100 alat rapid test untuk pengunjung dan pedagang pasar.

Advertisement

“Virus ini sangat berbahaya dan mematikan jikalau terjadi didaerah maka itu sangat merugikan kita semua, olehnya itu rapid dilakukan dipasar karna disini merupakan tempat pelayanan umum dan sangat rentan untuk penebaran virus” ujar Abu Hasan kepada awak media, Selasa (2/6/2020).

Sementara itu, juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Butur, dr Muhammad Ali Badar, mengatakan pemeriksaan rapid test massal itu bertujuan untuk memastikan tidak adanya riwayat kontak dan faktor resiko.

“Pemeriksaan rapit test sampel 100 orangĀ  merupakan dalam upaya memastikan bahwa Butur tetap zona hijau. Agar tidak ada kontak dan faktor resiko dan lokasinya di pasar sentral karena jumlah massa dan mobilisasi paling banyak,” kata Ali Badar.

Ali menerangkan, lembaran hasil pemeriksaan rapid test itu langsung diserahkan kepada warga.

“Setiap yang sudah melakukan pemeriksaan kami berikan lembaran hasil pemeriksaanya itu sebagai bukti, karena untuk penerbangan ataupun beberapa daerah masuk kewilayahnya harus dilampirkan hasil pemeriksaan rapid test,” jelasnya. (C)

Laporan. Shun Waode

Editor. Yayan

Back to top button