AdvetorialKolaka TimurPemerintahan

Pemda Koltim Gelar Forum Perangkat Daerah Guna Laksanakan Penyusunan RKPD 2023

KOLAKA TIMUR – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar forum perangkat daerah guna melaksanakan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 kedepan.

Forum perangkat daerah itu dihadiri seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemda Koltim.

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh PJ Bupati Koltim H. Sulwan Aboenawas, serta turut hadir PJ Sekda Koltim H. Belli Harli Tombili.

Advertisement

Dalam sambutanya Sulwan Aboenawas mengatakan jika kegiatan forum perangkat daerah dilaksanakan adalah merupakan wahana pembahasan dan konsolidasi untuk memperoleh kesempatan bersama menganai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh setiap OPD pada tahun 2023 mendatang.

“Kegiatan ini adalah bagian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah RKPD kabupaten Kolaka Timur tahun 2023 yang nantinya akan dilanjutkan dengan desk musrembang, dan musrembang RKPD kabupaten Kolaka timur,” terang Sulwan Panggilan Akrab PJ Bupati Koltim.

Selanjutnya kata Sulwan, selanjutnya akan dijadikan sebagai pokok bahasan pada desk Musrembang, dan kita tetapkan pada musrembang kabupaten nantinya.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini, kita masih dihadapkan pada persoalan pandemi covid-19. Olehnya itu melalui kegiatan ini, kita tetap menerapkan Protokol kesehatan. Sebab kita tidak pernah tahu kapan virus tersebut melanda negeri ini, khusus nya di Koltim ini,” ucapnya.

Adapun kegiatan tersebut lanjut dia lagi, maka ditetapkan tema pembangunan tahun 2023 mendatang yakni, pembangunan infrastruktur dasar, serta pemulihan ekonomi masa pandemi covid-19.

Dari tema tersebut, maka dikembangkan lagi menjadi 5 bidang prioritas, diantaranya: Percepatan pembangunan infrastruktur dasar yang berkelanjutan. Pembangunan manusia melalui peningkatan akses pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan. Peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, perkebunan, pariwisata dan UMKM. Dan terkahir pelestarian lingkungan hidup dan pengembangan seni budaya lokal serta menumbuhkan prestasi di bidang olahraga dan kesenian.

“Menajamkan usulan prioritas program dan kegiatan pembangunan tahun 2023, baik yang dihasilkan dari musrembang kecamatan maupun dari penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Kolaka timur,” ujar Sulwan.

Laporan: Nalda Zabila

Editor : Ovhin

Uploader : Randi Sastrawan

Back to top button