Pemkab Konawe Perkuat Lima Sektor OPD Dalam Mendukung Ekonomi Pangan Masyarakat

waktu baca 4 menit
Foto. Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, saat memberikan sambutan

KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendukung Ekonomi pangan masyarakat dengan memperkuat lima sektor Organisasi Pimpinan daerah (OPD).

Kelima sektor OPD tersebut yakni, Dinas Pertanian Holtikultura dan Ketahanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang), Dinas Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perikanan, dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan).

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, dalam sambutannya mengatakan kelima sektor yang di maksud bisa menjadi team kerja dalam menjaga stabilitas ekonomi pangan dengan gencar memberikan edukasi dan sosialisasi sesuai bidangnya masing-masing di masyarakat.

Foto. Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara

Dengan menjaga stabilitas ekonomi pangan, maka segala kebutuhan hari hari masyarakat dapat terpenuhi, apalagi menghadapi era global dan persaingan ekonomi saat ini yang semakin besar.

Pentingnya menjaga pangan merupakan kebutuhan yang paling utama, setelah itu baru di  pikirkan sehat, pintar dan kuat, Tambahnya.

“Epicentrumnya manusia berada di perut (kenyang), setelah sehat baru di pikirkan pendidikan. biar kita sehat, pintar dan  kuat, tapi kalau kita lapar, semua itu akan  hilang. Bahkan rasional kita juga hilang,”ujarnya saat penyerahan lahan percontohan pangan pada kelompok tani Nunulai  di kelurahan Konawe  Kecamatan Wawotobi, Kamis 27 Agustus 2020.

“Keimanan dan ketakwaan yang hebat saja kalau tidak makan, semuanya itu akan hilang. Jika perut kenyang, maka akan terisi dia punya kesehatan, kapasitas intelektual, serta kapasitas spiritualnya juga akan terisi secara otomatis”, Ungkapnya.

Jadi dengan adanya kebun percontohan (demplot) yang telah di gagas oleh dinas ketahanan pangan (Ketapang) walaupun belum optimal. Namun Gusli Topan Sabara selaku wakil Bupati Konawe optimis pada tahun 2021 kelima sektor tersebut bisa menjadi team terpadu dan menjadi team work Pemkab Konawe dalam menjaga stabilitas ekonomi pangan masyarakat.

Wakil Bupati berpesan pada kelima OPD  Sebagai Ulil amrih,berdua Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa untuk menjaga warga dari kemiskinan, kekafiran yang sudah mendekati kekufuran.

“Tugas kami menjaga agar masyarakat kita jangan kufur, caranya dengan menjaga ekonomi pangan kita,”katanya.

Gusli yang juga Ketua DPD PAN juga itu mengucapkan banyak berterima kasih pada kepala dinas Ketapang Muh. Akbar yang sudah mampu menerjemahkan dan berinovatif atas ide dan gagasan pimpinan daerah.

“Seandainya ada 5 saja kadis kadis kayak begini, saya bisa pastikan berdua dengan pak Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa bisa tenang, kita hanya berikan konsep sedikit sudah bisa inovatif dalam menjaga ekonomi pangan masyarakat,”ucapnya

Menurutnya, ide dan gagasan pimpinan daerah sudah tertuang  dalam rencana starategi  kerja  (Renstra) dan RPMJD tinggal bagaimana sektoral (pimpinan OPD) menerjemahkan.

“Jadi kalau sering – sering baca Renstra, pasti sudah paham semua, dinas dinas itu akan kerja secara outomaticly, tidak ada lagi yang bertanya, bagaimana ini pak, apa lagi yang harus kami kerjakan,”tambahnya.

Gusli berharap dengan masa jabatannya  yang sisa tiga tahun, mampu menerjemahkan apa yang menjadi keinginan pimpinan daerah, sehingga tidak perlu lagi harus diarahkan, tapi pimpinan OPD sudah tau apa yang harus di kerjakan dalam mendukung ide dan pikiran Bupati dan wakil bupati.

Dirinya pun menyakini, membangun Konawe tidak bisa di lakukan secara parsial namun harus di dukung oleh OPD sehingga bisa terbentuk team work dalam mendukung program visi misi KSK – GTS.

“Semua harus terpadu, jadi kalau terpadu muaranya pada kita,”tuturnya.

Sementara itu, Kadis ketahan pangan (Ketapang) Muh Akbar menyampaikan untuk kebun percontohan di kabupaten Konawe terdapat 24 titik, dan tempat yang sangat strategis berada di wilayah kelurahan Konawe dan di jadikan percontohan, karena tempatnya yang sangat strategis dan mudah di jangkau (pinggir jalan besar).

“Untuk kelurahan Konawe saat ini kami lakukan pembinaan terhadap kelompok tani Nunulai yang di nakhodai Sultan,”pungkasnya.

Luasan kebun percontohan kelompok tani Nunulai terdiri dari 1 Hekto Are  yang beranggotakan 10 orang dan menggarap berbagai macam hasil pangan, seperti Sagu, Ikan air tawar jenis nila nirwana dan ikan mas serta sayur mayur berbagai jenis.

Sultan ketua kelompok tani Nunulai kelurahan Konawe menjelaskan untuk hasil pangan yang menjadi andalannya  yaitu jenis sagu yang menjadi makanan lokal masyarakat kabupaten Konawe. (SN)