Pemda Konsel Resmikan Gedung PUSPAGA Mokoau

waktu baca 2 menit
Ketgam. Peresmian Gedung PUSPAGA Mokoau oleh Pemda Konsel.

Konsel – Penjabat (Pj) Bupati Konawe Selatan (Konsel), Dra Hj Andi Tenri Rawe Silondae MM didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Ir Drs H Sjarif Sajang M.Si meresmikan Gedung Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Mokoau dan Ruang Bermain Ramah Anak, Selasa (20/04/2021).

Peresmian bertempat di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) ini ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti. Turut mendampingi Kadis P3A Dra Yuliana MM dan Sekretaris Dinas Hj Ariyati Sjarif SKM dan para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Andi Tenri mengatakan permasalahan keluarga merupakan fenomena “Gunung Es” yang hanya sebagian kecil diketahui dari ribuan permasalahan yang ada.”Olehnya diperlukan upaya penyatuan tanggung jawab orang tua dan kewajiban Pemerintah dalam mengatasi masalah itu,”ujarnya.

Dikatakan, salah satu solusi Pemerintah adalah membentuk Puspaga gratis untuk masyarakat, yang berfungsi sebagai layanan satu pintu (one stop service) berbasis hak anak. “Yang dapat meningkatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak, serta terciptanya rujukan pengasuhan pendidikan, kesehatan dan perlindungan keduanya,” terangnya.

Jadi, kata Andi Tenri, pembentukan Puspaga merupakan wujud kepedulian Pemda Konsel dalam meningkatkan kehidupan keluarga serta memberikan perlindungan dan pengasuhan terhadap hak anak, khususnya melalui pendidikan dan keterampilan orang tua mengasuh anak.

Selain itu, lanjutnya, salah satu indikator pemenuhan hak anak di Konsel dengan menyediakan sarana taman atau ruang bermain ramah anak baik di dalam maupun diruangan publik.

“Puspaga dan Taman bermain anak diharapkan sebagai alternatif belajar, tempat rekreasi, interakasi dan sosialisasi dalam mendapatkan informasi dan pengalaman baru bagi anak,” tandas Andi Tenri.

Sementara, Kadis P3A Konsel Yuliana mengatakan keberadaan Puspaga merupakan strategi Dinas yang dipimpinnya untuk menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak sekaligus upaya meningkatkan kualitas hidup dan ketahanan keluarga.

Dijelaskannya juga bahwa pemberian nama MOKOAU yang dalam bahasa Tolaki berarti “Rindu” merupakan wujud terima kasihnya kepada Pemerintah Daerah, khususnya ke Pj Bupati Konsel dalam mendukung peningkatan kualitas hidup perempuan dan anak di Konawe Selatan.

Agar diketahui, Gedung Puspaga dilengkapi ruang konseling untuk Ruang Bermain Anak dilengkapi fasilitas bacaan anak, mainan edukasi dan ruang menyusui.

Selain itu Pemda Konsel juga melalui Dinas P3A telah membangun Taman Bermain di Kecamatan Angata dan Kecamatan Moramo.

Laporan : Erwin