KendariKriminal

Pemilihan BEM UHO Berujung Bentrok, Seorang Mahasiswa Terluka

Kendari – Sekelompok mahasiswa dari Fakultas Tehnik Universitas Haluoleo (UHO) terlibat bentrokan dengan pihak keamanan (Security) rektorat UHO pada Jumat sore (4/12/2020).

Keduanya terlibat saling serang menggunanak batu di depan halaman gedung Rektorat UHO. Salah seorang mahasiswa dari Fakultas Tehnik UHO dikabarkan mengalami luka parah dalam peristiwa bentrokan tersebut.

Lamunduru, Mantan ketua komisi keorganisasian Universitas Halu Oleo di Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), menuturkan perstiwa bentrokan itu dipicu buntut dari Pemilihan Umum Rakyat (Permira) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang digelar secara online pada Kamis (3/12/2020).

“Mahasiswa dari Fakultas Tehnik itu menilai bahwa proses pelaksanaan Permira BEM UHO yang digelar secara Evoting atau online tidak efektif dan masih banyak terdapat kendala. Karena itu mahasiwa lalu berencana mau menutup gedung rektorat namun dihalau oleh Security sehingga terjadilah gesekan diantara kedua belah pihak hingga berujung bentrok,” tuturnya.

Situasi sempat mencekam saat kedua pihak terlibat saling serang menggunakan batu dan bahkan terlihat ada juga yang membawa senjata tajam. Namun peristiwa itu tidak berlangsung lama dan bentrokan pun mereda setelah kedua pihak dari mahasiswa dan security menarik diri.

“Iya tadi sempat ada saling lempar batu, kalau sekarang sudah aman dan kedua belah pihak sudah menarik diri. Sedangkan mahasiswa Tehnik sekarang posisi lagi berada di Fakultasnya berjaga-jaga,” kata Lamunduru kepada sultranwes.co.id

Sementara itu, Kapolres Kendari AKBP Didik Erfianto membenarkan adanya keributan yang terjadi di dalam area perguruan tinggi UHO pada Jumat sore tadi. Namun ia menyebut bahwa kondisinya saat ini telah kondusif dan aman.

“Iya tadi sore, sudah kondusif,” ucap Didik dengan singkat saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsAppnya oleh sultranews.co.id

Diketahui, persitiwa bentrokan mahasiswa dan security UHO itu telah tersebar dalam sebuah rekaman video yang beredar ke beberapa grup WhatsApp. Terlihat dalam video itu seorang mahasiwa babak belur pada bagian wajahnya usai terlibat bentrok. (SN)

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id