Peringati HUT ke-35, PPPKMI Sultra Helat Webinar Kesehatan dan Baksos

waktu baca 3 menit

KENDARI – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) atau Indonesian Society for Health Promotion and Education (ISHPE) yang ke-35, organisasi yang melestarikan profesi promotor dan pendidik kesehatan masyarakat Indonesia ini, menghelat rangkaian kegiatan HUT tersebut.

Pengurus Daerah Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia Sulawesi Tenggara (Pengda PPPKMI Sultra) yang dipimpin oleh Dr. Fikki Prasetya, SKM., M.Kes, menghelat rangkaian acara tersebut, bekerjasama dengan Pengurus Cabang PPPKMI Kota Kendari yang diketuai oleh Hairul, SKM, menggelar kegiatan Bakti Sosial dengan tema HUT “Menjawab Tantangan Transformasi Kesehatan” dan Webinar Kesehatan, Rabu (15/3/2023) kemarin.

Kegiatan webinar kesehatan yang bertajuk “Masih Ada Waktu untuk Berhenti Merokok”, dihadiri pemateri berkompeten dibidangnya, yakni Ketua Bidang III PPPKMI Pusat, Dr. Supriyati,S.Sos., M.Kes; Ketua PPPKMI Sultra, Dr. Fikki Prasetya SKM M.Kes; dan Ketua DPW Praktisi PKHI Sultra, Gusti K. Sulastra., MH., Cht., (IACT-USA)., CI.

Ketua panitia kegiatan Muh. Kemal Ikhsan R., S.Farm, mengatakan bahwa tujuan utama diadakannya Webinar Nasional adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya rokok.

Mereka juga menjelaskan kepada masyarakat metode seperti apa saja yang bisa mereka lakukan dalam upaya berhenti merokok yang dimana salah satu metode yang sering digunakan yaitu metode hipnotis.

“Sehingga kami berharap dengan adanya kegiatan ini mereka (perokok) dapat termotivasi dan mulai berhenti merokok,” ujar Kemal, panggilan akrabnya, saat membawakan materi tentang webinar yang diikuti oleh lebih dari 150 orang peserta.

Pada Peringatan HUT tersebut, PPPKMI Sulawesi Tenggara menggandeng beberapa sponsor utama yaitu PT. Makin Jaya agung, Glowliy Aesthetic Clinic, Harian Rakyat Sultra, VFR Collection dan sponsor lain sebagai pendukung terlaksananya kegiatan yang dipusatkan di Puskesmas Puuwatu Kota Kendari.

Baca Juga :  Buka Porseni Disemarak HUT Konawe, Harmin Ramba: Atmosfirnya Kegembiraan dan Silaturahmi

Sebagai rangkaian HUT yang tidak terpisahkan, kegiatan Bakti sosial diselenggarakan dengan senam sehat, edukasi dan pemeriksaan Kesehatan gratis.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana kegiatan Sulaeha, SKM mengatakan, Pengda PPPKMI Sultra menganugerahkan penghargaan dan apresiasi bagi insan maupun organisasi non promosi Kesehatan yang dianggap berkontribusi pada upaya promotif dan preventif pada masa pandemic kemarin.

H. Muhlis, S.Si, sebagai Founder PT. Makin Jaya Agung, sebagai salah satu penerima penghargaan dan apresiasi Ketika dikonfirmasi pada acara menyatakan terima kasih untuk pengakuan dan apresiasi tersebut.

“Terima kasih untuk apresisasiini, kami sebagai perusahaan anak bangsa, yang bergerak di bidang Kesehatan alami, memiliki visi yang kuat bagaimana bersinergi dengan stakeholder Kesehatan, untuk mendukung program Kesehatan masyarakat, khususnya di Sulawesi Tenggara” Ungkap H. Muhlis, S.Si.

Selain itu, Bendahara Umum PPPKMI Sultra, Zainab Hikmawati mengatakan, bakti sosial ini ini merupakan seremoni yang diselenggarakan oleh Pengcab Kota Kendari, dengan rangkaian acara Bakti Sosial dan Webinar Nasional dengan pembiayaan y toang diperoleh dari Pengda Sultra dan melibatkan sponsor kegiatan lainnya.

Olehnya itu, semua pihak yang terkait ikut serta menyukseskan acara yang diikuti oleh ratusan orang di pelataran Puskesmas Puuwatu tersebut.

Dr. Fikki Prasetya, SKM., M.Kes mengatakan, sesuai instruksi dari Pengurus Pusat, semua Pengurus Daerah wajib ikut serta menyelenggarakan peringatan HUT- Ke 35 PPPKMI.

“Harapan kami semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat buat masyarakat sekitar khususnya pada masyarakat Kecamatan Puuwatu, Kendari” ujar Ketua Pengurus Daerah PPPKMI Sultra ini.

SN