Pj Bupati Konawe Tekankan Penetapan UMK di PT Tani Prima Makmur

waktu baca 2 menit
Pj Bupati Konawe, Dr. Harmin Ramba.

KONAWE, Sultranews.co.id – Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, S.E, M.M., bersama segenap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan kunjungan kerja di Lokasi Pabrik PT Tani Prima Makmur (TPM), Senin (11/12/2023).

Di lokasi pabrik, Penjabat Bupati Konawe menekankan penetapan Upah Minimum Kabupaten ( UMK) agar ke depan karyawan dan karyawati bisa lebih sejahtera.

“Insya Allah kita akan tingkatkan. Kalau bisa lebih tinggi dari Upah Minimum Provinsi,” tekan Harmin, di hadapan Direktur Operasional PT TPM, Mei Ekaminsa bersama manajemen perusahaan.

Pj Bupati Konawe Dr. Harmin Ramba saat menyampaikan sambutannya pada kunjungan di Pabrik PT TPM, Senin (11/12/2023).

Pada kesempatan itu juga Harmin Ramba Panggilan akrab Pj Bupati memberikan apresiasi kepada PT TPM yang telah memberdayakan masyarakat dengan cara mengakomodir 98 persen tenaga kerja lokal dari semua karyawan dan karyawati di PT Tani Prima Makmur.

“Sebenarnya, saya mau tekankan kepada pihak perusahaan agar perekrutan tenaga kerja mengutamakan tenaga kerja lokal. Tetapi tadi sudah disampaikan bahwa sudah 98 persen tenaga kerja lokal dan itu sudah maksimal,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Kesbang Pol Provinsi Sultra itu menyampaikan kabar baik untuk warga Kecamatan Anggaberi dan juga petani Konawe yang akan mengolah lahan atau memanfaatkan lahan yang saat ini tidak produktif.

Pj Bupati Dr. Harmin Ramba, saat menerima plakat dari Direktur Operasional PT TPM.

“Jalan di Anggaberi pelan- pelan kita akan aspal. Untuk petani, Pemda Konawe akan memberikan bantuan bibit secara gratis. Termasuk kita akan bantu pupuknya,” janji Harmin Ramba disambut tepuk tangan dari peserta.

Sementara itu di tempat sama Direktur Operasional PT TPM Mei Ekaminsa menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM bersama rombongan di lokasi Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit PT TPM di Desa Lerehoma Kecamatan Anggaberi.

Baca Juga :  Empat SKPD Bentukan Pemda Konawe Segera Dibahas Diparlemen

Direktur PT TPM memaparkan bahwa saat ini telah tertanam kelapa sawit dengan luas 6.577 Ha, 43 persen kemitraan dan satu pabrik pengolahan kelapa sawit dengan kapasitas 45 ton/jam serta telah memperkerjakan 1.533 tenaga kerja yang 98 persen adalah masyarakat lokal.

PT. TPM juga membuka kesempatan kepada siswa maupun mahasiswa untuk melakukan penelitian atau magang, baik karya ilmiah maupun skripsi sarjana.

“Bahkan kami telah melakukan MoU dengan Universitas Lakidende, jadi
sudah sepantasnya kami menjadi bagian untuk kemajuan Pendidikan di Kabupaten Konawe,” kata Mei Ekaminsa.

“PT TPM akan terus berbenah menjadi perusahaan perkebunan yang terbaik di Sulawesi Tenggara,” pungkas Mei Ekaminsa.

Laporan: Jaspin