Serba-serbi

PLTD Ereke : Satu Mesin Pembangkit Listrik Alami Kerusakan

Buton Utara – Satu unit mesin daya Pembangkit listrik Tenaga Diesel (PLTD) Ereke, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara, mengalami kerusakan, Senin (6/4/2020).

Akibat dari kerusakan itu, PLTD Ereke kehilangan daya hingga 460 Kwh dan berdampak pada kualitas listrik untuk konsumsi rumah tangga.

Supervisor Operasi dan Pemeliharaan Pembangkit Listrik PLTD Ereke, Saban lababu, mengatakan kerusakan itu disebabkan adanya kebocoran pada bagian air radiator yang masuk ke dalam ruang bakar bakar.

Advertisement

“Di PLTD Ereke ada 10 unit mesin daya pembangkit listrik namun yang berfungsi hanya dua. Sejak mengalami gangguan jadi yang berfungsi tinggal satu mesin saja,” ujar Saban.

Mengatasi hal itu, Saban mengaku sementara pihaknya menggunakan saluran daya tambahan yang dipinjam dari PLTD Baubau.

“Sekarang tinggal dua unit mesin yang beroperasi dengan daya mampu 1250 kilowatt (kw), sementara untuk beban erekeĀ  ereke itu 1800 kw, tapi kalau di paksakan akan bergilir dan untuk sementara kita gabung dengan sistem Baubau,” ucapnya.

Terkait hal itu, lanjut Saban, konsekuensi ancaman akan terjadinya pemadaman listrik di wilayah Butur dapat terjadi jika sistem yang ada pada PLTD Baubau juga mengalami gangguan.

“Jika terjadi gangguan pada sistem daya di Baubau maka juga akan berdampak di Ereke yaitu pemadaman listrik. Namun kendati demikian, kami terus berupaya memaksimalkan yang ada agar tidak terjadi pemadaman,” tandasnya (B)

Laporan. Shun Waode
Editor. Yayan

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id