KendariSerba-serbi

Polda Sultra Gelar Simulasi Pengamanan Jelang Pilkada Serentak

Kendari – Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar simulasi pengamanan jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Simulasi pengamanan Pilkada itu digelar dengan teknik Tactical Floor Game yang menggambarkan gerakan struktur dalam penanganan gangguan Kamtibmas saat Pilkada.

Proses simulasi yang digelar itu dijalankan oleh personel Polres Kendari yang di peragakan oleh Kapolres Kendari, AKBP Didik Erfianto sebagai pemain.

Pelaksanan simulasi pengamanan Pilkada itu tidak hanya melibatkan dari Kepolisian, namun sejumlah instansi lainnya turut dilibatkan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Pada simulasi  Tactical Floor Game, setiap satuan dari Kepolisian memperlihatkan proses penanganan yang dilakukan secara sistematis terhadap terjadinya konflik saat Pilkada.

Penanganan pengamanan Pilkada itu juga melibatkan beberapa tim khusus dari Satuan Brimob Polda Sultra. Pada tim ini, detasemen anti teror dan tim Penjinak Bom menjadi barisan paling penting jika terjadi potensi ancaman terorisme.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra Indra Jaya mengapresiasi pelaksaan simulasi pengamanan Pilkada yang digelar oleh personelnya itu.

“Saya apresiasi strategi dan giat teknis pengamanan yang telah disimulasikan. Namun dalam pelaksaannya di lapangan, tetap memperhatikan SOP selam proses pengamanan berjalan,” ujar Yan Sultra, Senin (9/11/2020).

Jenderal Polisi Bintang Dua itu juga berpesan, diharapkan para personelnya yang bertugas untuk berkolaborasi dengan baik sesuai dengan strategi pengamanan yang telah direncanakan.

“Jangan ragu-ragu kalau membutuhkan pasukan tambahan jika situasi sudah dalam keadaan terdesak. Sekali lagi saya tegaskan, jangan ragu dalam melakukan penindakan jika terjadinya pelanggaran hukum selama proses pelaksanaan Pilkada berjalan,” tegas Yan Sultra dihadapan personelnya.

Laporan. Wayan Sukanta

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id