HukumKonawe Utara

Polres Konut Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan Calon Anggota Polri Tahun 2021

KONUT –  Panitia penerimaan Anggota Polri T.A 2021 Polres Konut bersama para calon anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan orang tua/Wali dan penandatanganan pakta integritas menjamin penerimaan anggota Polri berlangsung murni, transparan dan bersih dari praktik KKN.

Penandatangannya pakta integritas dilakukan di Mapolres Konawe Utara, bersama Kapolres Konut, AKBP Achmad Fatul Ulum, Jumat (16/04/2022).

Hadir dalam kegiatan  tersebut Wakapolres Konut,Sementara dari pihak eksternal dihadiri oleh perwakilan Disdukcapil selaku pemeriksa administrasi kependudukan, perwakilan Disdikbud selaku pemeriksa administrasi kependidikan,Depak Konut selaku pemeriksa administrasi kependidikan,perwakilan awak media dan LSM di wilayah Kabupaten Konut serta perwakilan orang tua calon peserta seleksi dan perwakilan peserta pendaftar calon anggota Polri.

Kapolres Konut, Achmad Fathul ulum dalam sambutannya mengatakan, dalam memperbaiki proses rekruitmen anggota Polri agar semakin berkualitas, Polri telah melakukan perubahan substansi dan kultur yang utamanya pada proses penerimaan anggota Polri dengan mengacu pada prinsip Betah yang merupakan akronim dari Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis.

“Kami mengimbau kepada para anggota peserta seleksi untuk mengikuti mekanisme yang ada, usaha, dan berdoa. Jalani proses seleksi dengan jujur dan percaya pada kemampuan diri sendiri, terus berlatih agar bisa lulus di seluruh ujian karena keberhasilan ditentukan oleh diri sendiri dan bukan dari orang lain”, ungkapnya.

Lebih jauh Ia menegaskan, dalam penerimaan anggota Polri di Polres Konut tidak dibenarkan adanya pungutan atau tindakan mengambil keuntungan dari calon pendaftar dalam bentuk apapun. Jika dikemudian hari ditemukan ada indikasi tersebut, dipastikan sanksi tegas akan diberikan.

“Penerimaan anggota Polri ini gratis dan tidak dipungut biaya, jadi jangan sampai terjebak calo yang dapat menjanjikan kelulusan, ingat keberhasilan ada ditangan sendiri,” tegasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang masuk ke Pabanrim (Panitia Bantuan Penerimaan) Polres Konut hingga batas akhir pendaftaran tanggal 15 April 2021, animo masyarakat yang mendaftarkan diri sebanyak 286 orang.

Dari jumlah tersebut  yang lulus terverifikasi sebanyak 45 orang, bisa35 pria, 9 wanita dengan rincian taruna Akpol pria sebanyak 1 orang dan  sebanyak 35 pria dan 9 wanita, Bintara polri.

Laporan : Lukman

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id