Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Konawe Resmikan Bendungan Ameroro

waktu baca 2 menit
Rombongan Danlanud Haluoleo, Kolonel Pnb Lili Eko Susanto saat berkunjung di Pemda Konawe yang diterima Sekda Konawe Ferdinand Sapan.

KONAWE, Sultranews.co.id – Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo (Jokowi), akan mengunjungi Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, untuk meresmikan Bendungan Ameroro di Desa Ameroro, Kecamatan Uepai. Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe, Ferdinand, menyatakan kesiapan Pemerintah Kabupaten Konawe untuk menyambut kedatangan Presiden.

Dalam kunjungan kerja, Danlanud Haluoleo, Kolonel Pnb Lili Eko Susanto beserta rombongan, meninjau persiapan terkait rencana kunjungan Presiden ke Bendungan Ameroro. Sekda Konawe, Ferdinand, menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan dengan baik, namun belum menerima informasi resmi mengenai jadwal kunjungan.

“Pemerintah pusat, khususnya Kementerian PUPR, akan mengatur seluruh agenda terkait kunjungan Presiden. Persiapan dari Pemda Konawe sudah dilaksanakan sesuai tugas yang diberikan,” ujar Ferdy.

Meski belum mendapatkan jadwal resmi, persiapan di lokasi kunjungan terus ditingkatkan. Danlanud Haluoleo dan rombongan hadir untuk memastikan kondisi di lokasi, termasuk rencana pendirian helipad untuk pendaratan helikopter Presiden.

“Ada beberapa catatan yang harus dibenahi oleh pihak PU agar pendaratan bisa lebih aman sesuai standar penerbangan TNI AU,” tambah Sekda Konawe.

Bendungan Ameroro memiliki kapasitas tampung 54,15 juta m³ dengan luas genangan 244,51 hektare. Selesai dibangun, bendungan ini berpotensi meningkatkan layanan daerah irigasi seluas 3,363 hektare di Kabupaten Konawe. Dengan tersedianya air baku dan pengendalian banjir, diharapkan bendungan ini dapat mendukung pertanian dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

SN