Presiden Jokowi Harapkan Pj Bupati Konawe Mampu Kendalikan Inflasi

waktu baca 2 menit
Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat memberikan arahan kepada para Kepala Daerah se-Indonesia, di Istana Kepresidenan Jakarta Pusat. Foto Ist

JAKARTA, Sultranews.co.id – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan kepada Pejabat Bupati Konawe Dr. Harmin Ramba, agar mampu menggendalikan Inflasi yang terjadi di Daerah Kabupaten Konawe.

Hal itu disampaikannya, saat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), yang dihadiri para Kepala Daerah se-Indonesia, Senin (30/10/2023) lalu, di Istana Kepresidenan Jakarta Pusat.

Jokowi menyebutkan, saat ini kondisi negara sedang tidak baik-baik saja. Ini ditandai adanya perubahan iklim dan perang. Untuk itu kepala daerah perlu melakukan antara lain kendali inflasi, melakukan penanganan dampak elnino, meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui ciptakan iklim investasi, bantu investor dalam pelayanan perizinan dan menjaga iklim investasi.

Para Pj bupati juga diharapkan dapat mendukung program prioritas pemerintah seperti penanganan kemiskinan ekstrem, stunting, hilirisasi industri, ekonomi (hijau & ebt), mendukung kelancaran pemilu seperti tidak intervensi penyelenggara.

Selain itu juga Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya reformasi birokrasi, dengan menyederhanakan prosedur dan tata kelola terutama dalam pelayanan perizinan bagi investor.

“Jangan sampai memihak, ASN harus menjaga netralitas. Jaga kerukunan ditingkat bawah. Kalau ada masalah laporkan ke pusat, masalah yang kecil tangani secara cepat dan tuntas,” ucapan Jokowi.

Sementara itu, Harmin Ramba menambahkan, tujuan kegiatan Rakor ini membahas soal pemantapan penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan publik serta optimalisasi implementasi proyek strategis nasional. Seperti isu yang diangkat terkait perekonomian, ketahanan pangan, hingga keuangan.

“Usai menerima dan mendengarkan arahan presiden, kami para Pj Bupati kembali ke Kemendagri untuk menerima arahan dari para menteri/kepala lembaga. Alhamdulillah saya mendapat apresiasi dari Presiden, dan para Menteri,” ucap Harmin.

Selain itu, Presiden Jokowi melalui Menterinya mendorong pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat. Menurut mereka (Menteri red) bantuan tersebut akan sangat membantu masyarakat.

Baca Juga :  KSK Dinobatkan Sebagai eks Pemimpin Berkinerja Tinggi

“Arahan tersebut siap menjalankan amanah dan arahan presiden dengan sebaik mungkin. Tutupnya.

SN