Menikmati Pesona Pasir Putih di Pantai Berova Kolaka Utara

waktu baca 3 menit
Kawasan pariwisata di Sulawesi Tenggara memang memiliki pesona yang menakjubkan dengan pantai-pantai berpasir putih yang memikat hati, salah satunya pantai Berova di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

KOLAKA UTARA, Sultranews.co.id – Kawasan pariwisata di Sulawesi Tenggara memang memiliki pesona yang menakjubkan dengan pantai-pantai berpasir putih yang memikat hati, salah satunya pantai Berova di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Pasir Putih Pantai Berova merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang paling banyak dikunjungi masyarakat Kolaka Utara khususnya, masyarakat Sulawesi Tenggara pada umumnya, baik saat momen libur hari raya keagamaan maupun libur akhir pekan.

Tidak heran jika pantai yang berada di Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua itu ramai diserbu wisatawan, karena jaraknya yang cukup dekat dengan Ibukota Kabupaten Kolaka Utara ditambah dengan kondisi jalan beraspal yang sudah cukup baik menjadikan Pantai Berova sangat mudah dijangkau oleh pengunjung.

Salah satu daya tarik pantai ini karena hamparan pasir putihnya yang terbentang lebih dari 1 kilometer, dipadu dengan laut biru yang tenang serta deretan pepohonan hijau yang selalu siap memberikan kesejukan bagi para pengunjung.

Tak hanya menyuguhkan keindahan pasir putih, para pengunjung juga menikmati fasilitas pendukung lainnya seperti kolam renang, mushola, perpustakaan, villa, taman bermain anak, kolam ikan, resto, panggung seni, dan dermaga cinta dengan latar belakang sunset ketika senja mulai tiba.

Tidak hanya itu, wisata ini juga menyediakan spot bagi para pecinta olahraga diving dengan karang jenis subcoral dan coral dan berbagai jenis ikan. Spot ini diberi nama pasitoddo yang merupakan gugusan karang yang luas. Pada musim tertentu, karang ini akan muncul ke permukaan bak dataran di tengah laut.

Kawasan pariwisata di Sulawesi Tenggara memang memiliki pesona yang menakjubkan dengan pantai-pantai berpasir putih yang memikat hati, salah satunya pantai Berova di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Kepala Dinas pariwisata Kolaka Utara, Syamsu Alam mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah fokus melakukan pengembangan objek wisata tersebut, dengan akan menambahkn wahana baru dan fasilitas pendukung lainnya.

Baca Juga :  Proyek Pengaspalan di Kolaka Timur Diduga Dikerja Asal-asalan, Erikman: APH Harus Turun Periksa

“Rencana kita akan membuat kolam renang khusus untuk anak-anak, karena yang ada saat ini hanya kolam renang untuk dewasa,” terangnya.

Selain kolam renang, lanjutnya, pihaknya juga berencana menambah wahana bermain untuk para pengunjung wisata alam Pantai Berova seperti banana boat atau wahana permukaan air laut lainnya.

“InsyaAllah semoga tahun ini dapat kita realisasikan semua. Ini salah satu upaya untuk menarik wisatawan lokal dan luar daerah berkunjung di Pantai Berova,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, selain sumber daya alam, destinasi wisata juga dapat menjadi sumber pendapatan daerah serta mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Kolaka Utara jika terkelola dengan baik.

Kawasan pariwisata di Sulawesi Tenggara memang memiliki pesona yang menakjubkan dengan pantai-pantai berpasir putih yang memikat hati, salah satunya pantai Berova di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

“Terlebih lagi program pemerintah saat ini yang berupaya mendorong percepatan pembangunan smelter di Kolaka Utara, tentu ini sangat positif untuk pengembangan wisata Kolaka Utara,” ujarnya.

Ia juga senantiasa mensupport tumbuhnya pelaku usaha atau industri kreatif di Kolaka Utara dengan mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya pameran UMKM dan kegiatan banana culinary fest.

“Kegiatan ini diharapkan bisa memunculkan pelaku-pelaku usaha baru atau industri kreatif terutama di bidang kuliner yang memanfaatkan hasil bumi, misalnya buah pisang yang tumbuh melimpah di Kolaka Utara,” harapnya.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM Ardiansyah mengaku sanggat mensupport upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan sektor pariwisata di pantai ini.

“Tentunya kami sangat bersyukur, karena kami diberi ruang dalam peningkatan perekonomian, selain itu juga tentunya bisa menjadi penghasilan tambahan untuk masyarakat sekitar,” katanya.

SN