KonaweWarta Desa

Program Unggulan Desa Anggoro Fokus Pada BLT dan PKDT

KONAWE – Dana Desa (DD) adalah anggaran yang digelontorkan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Desa (Kemendes) terhadap desa-desa di seluruh wilayah Indonesia.

Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan salah satu penerima anggaran DD tersebut. Untuk itu, tak heran jika desa-desa di Konawe ini berlomba-lomba menampilkan program unggulan mereka.

Tetapi program unggulan desa tersebut, ternyata hampir merata di seluruh desa yang ada di Kabupaten Konawe itu sendiri.

Advertisement

Seperti di Desa Anggoro, Kecamatan Wonggeduku, juga mengedepankan programnya yakni pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan program Padat Karya Tunai Desa (PKDT).

Adapun kegiatannya itu yakni pengerjaan pembangunan rumah pompa tahap 2, pembangunan plengseng atau saluran air, serta normalisasi saluran air.

Kepala desa (Kades) Anggoro Lipin, S.H menyebutkan untuk jumlah penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), sebanyak 46 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).k

Kepala Desa Anggoro Lipin, S.H

“Total dana yg di terima untuk per KPM sebesar Rp.300,000. Adapun dana yg di terima hanya satu bulan dulu. Nanti menyusul yang sisa 3 bulannya pada tahap pencairan kedua,” ucap Lipin, yang ditemui sejumlah awak media.

Dalam giat penerimaan BLT itu dihadiri dari BPD, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, LPM dan unsur perangkat lainya.

Sementara untuk dana yang masuk, lanjut Lipin, estimasi anggaran dari 32 persen itu, diperuntukan untuk honor kader posyandu, pencegahan stanting, makanan tambahan bayi, honor team covid serta honor team SDHS.

Sedangkan untuk penanganan covid-19 yang 8 persen itu, kata dia, dananya di pergunakan dan peruntukan untuk pembelian alat cuci tangan, seperti pengadaan galon, tempat galon, hand sanitaiser, masker, APD, baliho serta penyemprotan menyeluruh dari 114 rumah dan fasilitas pemerintahan serta fasilitas ibadah.

“Untuk program padat karya tunai desa, kami melibatkan ke tiga dusun yang berada di Desa Anggoro untuk terlibat langsung pada kegiatan PKTD.

Laporan: Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id