PT SBP Komitmen Salurkan CSR dan PPM Lingkar Tambang di Konut

waktu baca 3 menit

KONAWE UTARA, Sultranews,co,id – Salah satu komitmen PT. Sumber Bumi Putra (SBP) adalah bermanfaat khususnya bagi masyarakat lingkar tambang di Desa Puusuli, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara.

Tercatat melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) dan dana Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM), PT. SBP sejak awal masuk hingga kini telah beberapa kali melakukan salah satu kewajiban perusahaan terhadap masyarakat.

Bahkan bersama PT. SBP pada 18 Oktober 2021, PT. SBP membangun Jembatan Pelangi Desa Puuwonua, Kecamatan Andowia, yang menghubungkan 4 desa antara Desa Labungga, Desa Laronanga, Desa Puuwaonua, dan Desa Puusuli yang diresmikan langsung oleh Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin.

Selain itu PT. SBP juga berkomitmen memberdayakan masyarakat lingkar tambang, dengan mempekerjakan masyarakat dalam perusahaan tersebut.

PT. SBP juga melalui program CSR dan Dana PPM turut terlibat aktif memfasilitasi pelatihan kerja terhadap masyarakat lingkar tambang di BPVP Kendari serta memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi khususnya dilingkar tambang.

Tak hanya sampai disitu, PT. SBP juga turut terlibat aktif dalam pembangunan masjid di Desa Puusuli, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara

KTT PT. SBP, Sudrianto mengatakan penyaluran CSR dan dana PPM merupakan komitmen perusahaan terhadap masyarakat.

“Ini komitmen PT. SBP terhadap masyarakat, khususnya masyarakat lingkar tambang,” ujarnya, Senin 18 September 2023.

Ia juga mengungkapkan pihaknya selalu berkomitmen merespon keluhan masyarakat sekitar.

“Ini sudah menjadi program kami melalui dana PPM dan CSR, apapun yang menjadi keluhan masyarakat, kita buatkan program dan kita salurkan, saat ini kami sudah menyelesaiakan pembangunan mesjid di desa Pusuli dan program PPM yang lain dan jangka panjang berupa pelatihan di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari untuk pemuda dan pemmudi yang siap kerja kedepan setelah mereka mendapatkan pelatihan dan sertifikat dari BPVP Kendari mereka bisa bekerja dimana saja yang penting sudah punya dasar atau Skil,” ungkapnya.

Lanjutnya pihaknya juga memberikan bantuan pendidikan berupa beasiswa bagi siswa-siswi dan mahasiswa berprestasi di lingkar tambang khususnya Desa Pusuli serta pembuatan dan pemeliharaan jembatan di Desa lingkar tambang perusahaan.

Terakhir pihaknya menuturkan bahwa PT. SBP adalah perusahaan yang senantiasa memberikan kontribusi sosial terhadap masyarakat.

“Perusahaan mesti hadir sebagai solusi khususnya untuk masyarakat lingkar tambang dimana ia beraktivitas,” pungkasnya.

Sementara itu Camat Andowia yang diwakili salah satu staf Kecamatan, Herman mengatakan pihaknya berterima kasih terhadap bantuannya kepada masyarakat.

“Kami sangat berterimakasih atas bantuannya kepada masyarakat, semoga sembako ini bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Selain itu mewakili masyarakat, Kepala Desa Puusuli, Sudin mengapresiasi bantuan yang diberikan kepada masyarakat.

“Kami ucapkan terimakasih dan ini sudah kesekian kalinya kami diberikan bantuan oleh PT. SBP,” ujarnya.

Pihaknya juga menuturkan bahwa masyarakat sangat terbantu dengan bantuan sembako yang diberikan kepada masyarakat.

“Bukan hanya bantuan sembako yang diberikan, sudah banyak kami dibantu oleh PT. SBP, dari pembangunan masjid, jembatan, pemberian pelatihan, beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan program-program kerja bakti masyarakat,” tuturnya.

Terakhir pihaknya juga berharap perusahaan selain PT. SBP dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat lingkar tambang.

“Kalau di desa ini baru PT. SBP yang sangat nyata memperhatikan kondisi masyarakat lingkar tambang,” pungkasnya.

SN