Buton UtaraKesehatan

Puluhan Warga di Butur Masuk Daftar ODP Corona

Buton Utara – Sebanyak 43 warga di Kabupaten Buton Utara (Butur), dinyatakan masuk ke dalam daftar Orang Dalam Pantauan (ODP) Suspect Virus Corona (Covid-9) oleh Dinas Kesehatan, Jumat (27/3/2020).

Data ODP itu muncul setelah warga melewati proses screening yang dilakukan oleh petugas kesehatan dan ditemukan adanya peningkatan suhu tubuh.

Kepala Dinas Kesehatan Butur, Dr. Kasrul, mengatakan 43 warga yang masuk daftar ODP akan mendapat pengawasan ketat untuk mengetahui adanya perubahan gejala klinis yang dideritanya.

Advertisement
Daftar pasien ODP berdasarkan data Dinkes Butur

“Semua yang berstatus ODP bisa berpotensi ke PDP, maka dari itu kita harus awasi dan pantau terus keadaanya jangan sampe bisa bergeser ke PDP,” ujar Kasrul.

Dia menerangkan, seseorang yang telah berstatus ODP jika mengalami peningkatan perubahan gejala klinis seperti batuk dan sesak nafas, maka pasien tersebut dapat disebut Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

“Jika pasien mengalami batuk, flu diertai demam, hingga adanya kelainan pada paru paru dan sesak nafas maka itu gejala urgen atau suspect yang harus mendapat pemantauan lebih ekstra,” terangnya.

Terhadap pasien ODP, Kasrul menghimbau tetap berada di rumah untuk melakukan isolasi mandiri dan menghindari kontak fisik untuk mencegah indikasi penyebaran.

“Saya menghimbau kepada masyarakat khususnya yang ODP harus tinggal dirumah dulu untuk sementara waktu jangan dulu ada kontak fisik, jika kita mengikuti aturan tidak akan terjadi penularan dan kita akan terus mengawasi yang berstatus ODP,” tutupnya.

Laporan: Shun waode
Editor. Wayan Sukanta

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id