Puncak Toliamba, Spot Terbaik Menikmati Sunset dan Keindahan Laut Wakatobi

waktu baca 3 menit
Melihat keindahan matahari terbenam atau sunset. Jika berada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, keindahan sunset bersama dengan eksotisme laut biru bisa disaksikan langsung di puncak Toliamba.

WAKATOBI, Sultranews.co.id – Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menikmati sore hari. Salah satu di antaranya adalah melihat keindahan matahari terbenam atau sunset. Jika berada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, keindahan sunset bersama dengan eksotisme laut biru bisa disaksikan langsung di puncak Toliamba.

Wisata puncak Toliamba berada di Desa Waginopo, Kecamatan Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi. Untuk menjangkau tempat tersebut, penggunjung hanya perlu menempuh perjalan kurang lebih 11 kilometer dari pusat Ibu Kota Wakatobi, serta dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau empat selama 20 menit perjalanan. Keberadaan wisata tersebut bukan tannpa alasan, sebab selama ini Wakatobi dikenal dengan pesona alam bawah laut yang sangat menakjubkan.

Untuk itu, pada 2014 silam pihak pemerintah merenovasi puncak tersebut menjadi tempat wisata guna menambah keindahan Wakatobi. Sehingga wisatawan yang berkunjung akan semakin tertarik oleh keindahannya. Untuk sampai di puncak Toliamba, para wisatawan yang hendak menikmati hamparan alam indah Wakatobi harus menapaki anak tangga untuk bisa sampai menuju puncak.

Melihat keindahan matahari terbenam atau sunset. Jika berada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, keindahan sunset bersama dengan eksotisme laut biru bisa disaksikan langsung di puncak Toliamba.

Dari atas ketinggian, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan indah lautan serta hamparan hutan hijau, deburan angin yang sangat sejuk. Tidak heran jika puncak Toliamba selallu ramai dikunjungi baik itu warga setempat maupun pengunjung dari luar Wakatobi, karena selain bisa menyaksikan indahnya pulau-pulau Wakatobi, pengunjung juga bisa menikmati secara langsung matahari saat tenggelam atau yang lebih dikenal dengan Sunset. Karena Sunset memang memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang, dan sunset merupakan salah satu momen yang paling dinanti utamanya bagi para pencinta fotografi.

Baca Juga :  Empat SKPD Bentukan Pemda Konawe Segera Dibahas Diparlemen

Kawula muda menjadikan puncak Toliamba sebagai tempat favorit untuk nongkrong. Bukan tanpa alasan, detik-detik matahari terbenam yang mencipatakan warna indah memang sangat cocok diabadikan dengan berswafoto.

Yusri, salah seorang pengunjung mengaku terpukau oleh keindahan laut yang indah, apalagi berfoto di puncak bukit yang mana dari ketinggian, hamparan alam perbukitan dan laut bisa dilihat dan dinikmati untuk melepas penat dari aktifitas sehari- hari, cocok untuk bersantai dihari libur.

“Saya dan teman- teman berkunjung ke lokasi ini karena pemandangan alam perbukitan dan lautnya sangat indah, sehingga kami datang untuk berpiknik, sekaligus swafoto untuk kami upload ke medsos kami,” ujarnya.

Selain digemari muda-mudi, tempat ini juga ramai dikunjungi para pengunjung yang sudah berkeluarga utamanya pada akhir pekan.

Selain itu, meskipun berada di ketinggian, para pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner makanan atau minuman ringan, serta jajanan khas cemilan daerah setempat yang harganya sangat terjangkau.

SN