Resmi Buka STQH Tingkat Kabupaten, Plt Bupati Koltim Abdul Azis Harapkan Generasi Qur’ani

waktu baca 2 menit
Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) ke-3 Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2023, resmi digelar di Gedung Olaha Raga (GOR) Kelurahan Atula Kecamatan Ladongi, Rabu (1/3/2023) yang berlangsung mulai tanggal 1 hingga 4 Maret tahun ini.

KOLAKA TIMUR – Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) ke-3 Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2023, resmi digelar di Gedung Olaha Raga (GOR) Kelurahan Atula Kecamatan Ladongi, Rabu (1/3/2023) yang berlangsung mulai tanggal 1 hingga 4 Maret tahun ini.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Koltim Ayi Wahyudin mengatakan, untuk STQ tahun 2023 ini jumlah peserta 240.

“Adapun jenis lomba di STQ yakni, Tilawah Anak – Anak dan dewasa putra -putri, Hifzil untuk 1 jus dan tilawah 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz, kemudian tafsir bahasa Arab hafalan hadits 100 hadits, 500 hadits semua putra putri,” ungkapnya.

Lanjut Ayi, sementara dewan juri ada yang berasal dari Kendari, Kolaka dan sebagian besar dari Kolaka Timur.

Camat Ladongi Saeho selaku tuan rumah menyebutkan, untuk persiapan STQH pihaknya sudah melakukan persiapan 1 minggu sebelum hari H.

“Persiapan itu mulai dari sarana dan prasarana, pemondokan hingga tempat kegiatan serta kegiatan Pawai InsyALLAH berjalan lancar”, ujarnya.

Ia menambahkan pihaknya menyiapkan 14 posko, dengan rincian 12 posko kafila untuk 12 Kecamatan, kemudian 2 posko untuk dewan juri serta Panitia Kabupaten.

Saeho menyebut Pada dasarnya masyarakat sangat senang menyambut kegiatan ini terutama para pelaku usaha kecil menengah.

“Kami sudah susun para ukm tersebut di lapak -lapak di pinggir lapangan, sehingga tidak ada lagi penjual dalam lapangan, hal ini untuk ketertiban,” tutupnya.

Sementara itu, Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengungkap dengan adanya pelaksanaan STQH dapat memberikan arti yang penting dan akan melahirkan kader-kader hafiz yang berkualitas di Kolaka Timur.

Azis juga menuturkan semoga dengan kegiatan ini dapat membentuk generasi yang Qur’ani melalui gerakan membangun dan melayani masyarakat mewujudkan Kolaka Timur yang agamis, mandiri, maju dan berkeadilan.

Baca Juga :  Pj Bupati Konawe Harmin Ramba Ikuti Zoom Meeting dengan Kemendagri, Simak Pembahasannya

“Melalui pelaksanaan STQH ini diharapkan dapat mendorong segenap masyarakat Islam untuk senantiasa mencintai kita suci Alquran,” tuturnya.

Ia juga berharap agar dewan juri dalam seleksi ini dapat memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta.

Penulis : Arlan