EkonomiKolaka TimurNasional

Resmikan Bendungan Ladongi, Ini Harapan Jokowi ke Petani Koltim

KOLAKA TIMUR – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan untuk berdialog langsung dengan Petani koltim saat peresmian bendungan Ladongi. Selasa (28/12/21)

Presiden berharap kehadiran bendungan tersebut bisa menjawab keluhan dan kebutuhan air untuk pertanian dalam rangka mendukung kemandirian, kedaulatan, dan ketahanan pangan.

“Tanpa air tidak mungkin kita bisa mencapai yang namanya ketahanan pangan yang baik, kedaulatan pangan yang baik, dan kemandirian pangan yang baik,” Imbuh Presiden

Advertisement

Sementara itu, Hamdi, SP. kepala Dinas (Kadis) tanaman pangan dan Peternakan Koltim mengatakan dengan diresmikannya bendungan ini ketersediaan air semakin terjamin bagi petani.

Presiden Jokowi, saat berdialog dan bertatap muka perwakilan petani Koltim, usai meresmikan Bendungan Ladongi, Selasa (28/12/2021). Foto: Ist

“tadinya mungkin lahan sawah kami diolah hanya 2 kali setahun karena keterbatasan air maka dengan ini indeks produksi mungkin bisa 3 kali musim pertahun,” jelas Hamdi

Lebih lanjut Hamdi berharap dengan adanya bendungan Ladongi mampu meningkatkan penghasilan petani Di koltim.

“Mudah-mudahan petani di Koltim semakin sejahtera karena ketersediaan air bagi petani sudah terpenuhi sehingga peningkatan indeks produksi yang tadinya 20 bisa menjadi 30, dengan 3 kali musim,”
Pungkasnya

Setelah meresmikan bendungan Ladongi dan berdialog Bersama 6 perwakilan petani di Kolaka Timur Presiden Joko Widodo akan kembali menaiki helikopter Super Puma TNI AU untuk kembali ke Pangkalan TNI AU Haluoleo dan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah untuk meresmikan Waduk Pidekso.

SN

Back to top button