KonawePolitik

Ridwan Tampil Manis Saat Penyampaian Visi Misi Cakades Wukusao

SultraNews – Untuk pertama kalinya dari Jurnalis Konawe maju Berkopetisi pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) se-Kabupaten Konawe, yang bakal digelar serentak pada tanggal 12 Desember 2019 mendatang.

Ridwan yang merupakan Jurnalis di Konawe, akhirnya membulatkan tekadnya untuk maju sebagai Calon Kepala Desa (Cakades) di Desa Wukusao, Kecamatan Wonggeduku, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Jumat (06/12/2019).

Dibuktikannya, ia mampu tampil cantik dihadapan masyarakat dan para tokoh, pada saat membacakan visi dan misinya.

Ridwan yang merupakan Cakades Nomor urut 1, menyampaikan visinya yakni menuju Desa Wukusao yang mandiri, berdaya saing, hebat, dan bermartabat.

Untuk misinya, Ridwan menawarkan 11 program kerja seperti perbaikan sarana atau infrastruktur umum, penyedian fasilitas pertanian, peternakan, pemberatasan kemiskinan, pengaktifan fungsi kelembagaan perangkat desa, perbaikan administrasi desa, hingga penyelesaian persoalan warga desa.

“Program prioritas ketika terpilih sebagai kepala desa adalah bedah rumah untuk kepala rumah tangga yang belum mandiri. Lalu penyediaan fasilitas dan alat pertanian, penerbitan sertifikat tanah atau lahan, dan penyediaan fasilitas kebutuhan karang taruna, seperti lapangan olahraga,” paparnya.

Ridwan yang akrab dipanggil Rido merupakan satu-satunya Cakades yang masih berusia muda. Ia hadir dengan slogan tampil sebagai pemuda terdepan yang kreatif, aktif, motivatif, progresif, responsif, berkarakter, elegan dan tangguh.

Kapolsek Wonggeduku yang diwakili oleh AIPDA Hakim, saat memberikan arahan dihadapan Lima orang Calon Kepala Desa (Cakades) Wukusao, sebelum pembacaan visi misi berlangsung. Foto : Jaspin/SultraNews

Rido sendiri merupakan kader aktivis yang aktif hingga kini. Ditatanan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, Rido sudah sangat dikenali baik sebagai aktivis maupun sebagai pers (wartawan).

Dikalangan masyarakat Desa Wukusao, Rido pun bukanlah orang baru khususnya dalam kegiatan desa. Ia aktif berkegiatan di wilayah karang taruna dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Rido menjelaskan, seluruh program kerja yang ia tawarkan sudah terintegrasi dengan program pemerintah daerah Kabupaten Konawe, seperti program sapu bersih kemiskinan, satu juta ekor sapi, satu juta kolam, dan satu juta ton gabah.

Baca Juga :  Lagi, Seorang Tenaga Kerja Lokal Tewas Ditabrak Mobil di PT VDNI

Ia pun yakin, dengan program-program yang ia tawarkan, masyarakat akan melihat mana figur yang akan membangun Desa Wukusao dan mana yang hanya sekedar mengejar jabatan enam tahunan itu.

Sesi tanya jawab oleh masyarakat pun, Rido menjawab soal motivasinya menjadi Calon Kades. Ia menyampaikan, niatnya untuk menjadikan Desa Wukusao yang sangat maju, mengingat Wukusao sebagai desa tua namun belum menunjukkan perkembangan berarti.

Masih soal pertanyaan masyarakat, ditanya soal pemimpin yang baik, ia menjawab, yaitu pemimpin yang bisa bertanggungjawab dan mampu memikul seluruh persoalan masyarakat dan menyelesaikannya secara cepat dan tepat.

Rido pun berharap, masyarakat untuk bisa lebih cermat dalam memilih pemimpin. Untuk itu, ia berharap amanah untuk menjadi Kades Wukusao dapat diwujudkannya dengan niatnya yang bersungguh-sungguh dalam membawa perubahan untuk desanya.

Calon Kepala Desa Wukusao Nomor Urut 1, Ridwan dipanggil Rido saat menandatanngani pakta integritas siap menang dan siap kalah pada Pilkades Wukusao.

“Saya tidak berjanji kepada masyarakat tentang program saya ini, tapi saya berjanji kepada Allah. Untuk itu, ketika dipilih menjadi desa, maka itu akan jadi amanah yang akan saya pertanggungjawabkan,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Wonggeduku, Masrudin dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya masyarakat tetap menjaga kekompakan, persatuan, dan kesatuan dalam pelaksanaan Pilkades ini.

“Bersama seluruh calon kades kita sudah ikrarkan menjaga keamanan dan ketertiban. Insya Allah sampai selesai pemilihan semua aman,” kata Masrudin.

Pemerintah kecamatan, kata Masrudin, sudah membentuk tim monitoring Pilkades, tujuannya agar pelaksanaan Pilkades di tiga desa di Kecamatan Wonggeduku dapat berjalan tanpa kendala.

Seperti halnya Camat, mewakili Kapolsek Wonggeduku, AIPDA Hakim turut menyampaikan, agar tokoh masyarakat ikut menjaga ketertiban yang selama ini menjadi ciri khas Desa Wukusao, dengan meredam isu-isu yang memancing selisih paham.

Hadir dalam kesempatan itu, Camat Wonggeduku, Masrudin dan mewakili Kapolsek Wonggeduku, AIPDA Hakim, serta para tokoh masyarakat Desa Wukusao.

Baca Juga :  Lagi, Seorang Tenaga Kerja Lokal Tewas Ditabrak Mobil di PT VDNI

Laporan : Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id