Kolaka TimurWarta Desa

Sejumlah Aparat Desa di Koltim Diduga Gunakan Ijazah Palsu

Kolaka Timur – Sejumlah aparat di Desa Ulu Mowewe, Kecamatan Mowewe, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara, diduga menggunakan ijazah SMA palsu. Ijazah itu diduga dipalsukan untuk kepentingan syarat menjadi aparat Desa, Senin (13/4/2020).

Hal itu terungkap setelah salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya membeberkan skandal pemalsuan ijazah yang dilakukan oleh beberapa aparat Desa setempat.

Modusnya, mencari ijazah asli lalu discan agar mirip dengan aslinya lalu dipergunakan untuk mendaftar menjadi aparat Desa.

“Kami sekolah disini sejak dari SD, jadi kita tahu bahwa yang mana telah lulus SD dan mana yang tidak, dan kami bingung sebagian dari Aparat Desa Ulu Mowewe itu hanya sebatas Lulus SD tapi ko bisa langsung tamat SMA,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Desa Ulu Mowewe juga diduga tidak membentuk panitia seleksi aparat Desa. Hal itu menjadi pemicu sebagian warga setempat karena perekrutan aparat Desa di Mowewe dinilai tidak transparan.

“Memang tidak ada Panitia Seleksi, se akan-akan semua diseting sedemikian rupa agar apa yang di mau Kepala Desa semua terjadi atas kehendaknya sendiri. belum lagi terkait masalah lampu (kwh) yang di janjikan kepada masyarakat, hanya kebohongan belaka, dan bisa dilihat kepala desa baru menjabat dalam kurung belum satu tahun sudah bangun rumah dan beli mobil,”ucapnya dengan nada kesal kepada Sultra News.

Sementara itu, Kepala Desa Ulu Mowewe, Ika Ayu Lestari, saat beberapa kali hendak dikonfirmasi terkait persoalan itu, tidak mau ditemui dan kerap menghindar dari beberapa awak media di Koltim. (B)

Laporan. Muhammad Al Priyasin

Editor. Yayan

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id