KonaweNewsPemerintahan

Sekda Konawe Launching Aplikasi SIMPATI dan SIKOMO berAKSI

KONAWE – Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Dr. Ferdinand Sapan, SP, MH secara resmi melaunching aplikasi Sistem Informasi Pangan Terintegrasi (SIMPATI) dan Sistem Informasi Komoditi Pertanian Berbasis Aplikasi (SIKOMO berAKSI), Kamis 8 Desember 2022.

Kedua aplikasi tersebut digagas oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe Abdul Hasim, SP, M.Si dan Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Konawe yang saat ini menjadi Plt Kadis Perpustakaan, Musakkir Alqifli, S. Kel, M.AP.

Aplikasi ini merupakan Aksi Perubahan Organisasi Berkinerja Tinggi oleh
Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan VI dan VII tahun 2022 pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Tenggara.

Advertisement

Dalam pelatihan tersebut, Abdul Hasim menggagas sistem publikasi hasil pangan terintegrasi berbasis digital dengan aplikasi SIMPATI (Sistem Informasi Pangan Terintegrasi) pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe.

Sedangkan Musakkir Alqifli menggagas sistem Informasi komoditi pertanian berbasis aplikasi (SIKOMO berAKSI) pada Dinas Tanaman Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe.

Sekda Konawe Ferdinand Sapan pada kesempatan tersebut mengatakan, dengan memaksimalkan fungsi kedua aplikasi tersebut akan memberikan dampak positif terhadap pelayanan kepada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan pangan.

Oleh karenanya, Ferdy sapaan akrab Sekda Konawe mendorong agar semua pihak mendukung kehadiran aplikasi ini. Terutama para penyuluh pertanian dan UPT. Karena kata dia, mereka yang punya tugas untuk melakukan penginputan data ke dalam aplikasi ini.

“Percuma aplikasi ini ada kalau tidak diinput datanya dengan benar. Karena basis data itu adalah inputannya, kalau inputannya salah maka itu bukan data,”kata Ferdy.

Ferdy pun berharap kehadiran kedua aplikasi ini dapat berfungsi secara maksimal. Selain sebagai wadah literasi masyarakat juga menjadi intermediasi stakeholder.

“Harapan kita semua masyarakat, pengukuran data bisa di akses lewat situ, sehingga itu bisa masuk bagian dari informasi yang terupdate,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah Kepala OPD, Camat, Kepala UPT dan Penyuluh lingkup Pemda Konawe serta pihak perbankan.

SN

Back to top button