Siswa SD di Konawe Kerjakan Soal Ulangan Secara Online Dari Rumah

waktu baca 2 menit
Ketgam. Para siswa SD di Konawe kerjakan soa ulangan secara online dari rumah (Foto. Sultra News)

Konawe – Para siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), melaksanakan ulangan kenaikan kelas di rumah, Senin (8/6/2020).

Proses ulangan Siswa SD di Konawe itu dilakukan dengan pola sistem Daring (online) dan Luring (manual).

Sistem ulangan yang dikerjakan secara online dikhususkan bagi siswa yang paham menggunakan internet dan daerah terkoneksi jaringan.

Sedangkan siswa yang tidak paham menggunakan internet dan tidak mendapatkn akses jaringan, soalnya diantarkan langsung oleh guru dari sekolah itu berasal.

“Jadi proses ulangan ini tergantung dari sekolah masing-masing, ada yang gunakan sistem Daring, ada juga yang lakukan sistem Luring. Khusus untuk kelas 1 dan 2 saya pakai sistem Luring, karena siswanya masih banyak yang tidak paham internet. Sementara kelas 3, 4, dan 5, saya arahkan menggunakan Daring,” ujar Salah satu Kepala Sekolah (Kepsek) dari SDN 1 Unaaha, Rusman yang ditemui Sultra News, Senin (8/6/2020).

Rusman menyebut di sekolah yang ia pimpin jaringan internet dalam kondisi baik, sehingga proses ulanganya dilakukan secara online oleh para siswanya.

“Kemarin pada saat ujian anak kelas 6, itu hanya SDN 1 Unaaha yang melaksanakan Daring. Sehingga ulangan kali ini kami menggunakan sistem Daring lagi,” kata Rusman.

Meski proses ulangan dikerjakan di rumah, Rusman telah berkoordinasi dengan para orang tua siswa agar tidak membantu dalam mengerjakan soal.

“Kami sudah berkoordinasi dengan orang tua siswa agar siswa tersebut diberikan kebebasan dalam mengerjakan soal dirumah dengan seksama, tanpa ada bantuan dari orang tua ataupun guru itu sendiri,” ucapnya.

Selain itu, kata Rusman, pada proses ulangan yang menggunakan sistem During maupun luring itu tetap dilakukan secara profesional dan memperhatikan standar protokol Covid-19.

Baca Juga :  Pemda Konawe Bantu 26 Warga Bencana Angin Puting Beliung, Satu Warga Kebakaran

“Yang jelas pelaksanaan ulangan ini, kami laksanakan secara profesional, dengan tetap mematuhi protokol Covid-19, dengan himbauan anak-anak tetap memakai masker, dan wajib mencuci tangan sebelum mengerjakan soal ataupun sesudah,” jelas Rusman. (SN)